Tanda Tangan Digital Kurangi Interaksi pada Layanan Perumahan

Kompas.com - 01/09/2020, 10:00 WIB
PPDPP Kementerian PUPR melakukan perjanjian kerja sama teknis dengan Badan Sertidikasi Elektronik (BSrE) dalam rangka penerapan Tanda Tangan Elektronik (TTE) Dok. Biro Komunikasi Publik Kementeria PUPRPPDPP Kementerian PUPR melakukan perjanjian kerja sama teknis dengan Badan Sertidikasi Elektronik (BSrE) dalam rangka penerapan Tanda Tangan Elektronik (TTE)

JAKARTA, KOMPAS.com - Pusat Pengelolaan Dana Pembiayaan Perumahan ( PPDPP) Kementerian Pekerjaan Umum dan Permahan Rakyat (PUPR) meneken perjanjian kerja sama teknis dengan Badan Sertidikasi Elektronik (BSrE).

Kerja sama ini dalam rangka penerapan Tanda Tangan Elektronik (TTE) terhadap seluruh peroses pertukaran data atau surat-menyurat baik yang bersifat internal maupun kepada pihak eksternal PPDPP.

Direktur Identifikasi Kerentanan dan Penilaian Risiko Pemerintah Akhmad Toha Badan Siber Sandi Negara (BSSN) mengatakan, BSrE mempercayakan teknologi a sign time untuk dikelola di PPDPP secara mandiri.

Hal ini dilakukan agar proses digital signature dapat diimplementasikan pada sistem layanan PPDPP lainnya.

Sebagai informasi, PPDPP juga melakukan implementasi digital signature bersama dengan BSSN, serta melakukan asesmen pada tiga aplikasi yang dimiliki PPDPP yakni SiKasep, SiKumbang dan website portal PPDPP.

Baca juga: SiKasep Jadi Wadah Penyaluran Bantuan Perumahan

Dia menambahkan, digitalisasi tanda tangan ini memberikan beberapa keuntungan, seperti penjaminan keamanan, proses penerbitan dan penandatanganan dokumen dapat dilakukan secara cepat karena tidak terikat waktu tertentu, serta bisa dilakukan di mana saja.

Manfaat tersebut dapat mengurangi interaksi langsung pada masa pandemi seperti saat ini.

Kepala BSrE Rinaldy menuturkan, TTE memiliki perbedaan dengan tanda tangan yang berasal dari hasil scan.

Menurutnya, TTE sah dan diakui secara hukum sementara tanda tangan melalui scan tidak diakui.

Dia menambahkan, BSrE memberikan jaminan kepercayaan tersebut. Dengan demikian, apabila ada langkah yang tidak sesuai dengan prosedur penggunaan Sertifikat Elektronik, maka layanan Sertifikat Elektronik akan dicabut karena faktor keamanan informasinya tidak dapat terpenuhi.

Pemanfaatan TTE juga dilkaim dapat mendorong peningkatan efektivitas dan efisiensi berbagai layanan sistem elektronik.

Baca juga: Lebih dari 100.000 Rumah Subsidi Terdaftar di Aplikasi SiKumbang

Meski demikian, TTE juga tetap dapat menyediakan aspek fleksibiltas keamanan informasi selain memberikan keuntungan secara ekonomi.

"Layanan yang mudah diakses dengan ketersediaan data yang akurat merupakan kunci peningkatan kepercayaan masyarakat sebagai pengguna layanan," kata Rinaldy melalui keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Senin (31/8/2020).

 



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X