SiKasep Jadi Wadah Penyaluran Bantuan Perumahan

Kompas.com - 13/06/2020, 19:00 WIB
Ilustrasi rumah. Dok. PPDPP Kementerian PUPRIlustrasi rumah.

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktur Utama Pusat Pengelolaan Dana Pembiayaan Perumahan (PPDPP) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Arief Sabaruddin mengungkapkan, aplikasi SiKasep dapat menjadi wadah penyaluran untuk bantuan pembiayaan perumahan selain Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP).

"Saat ini kami terus mengembangkan dan menyinergikan seluruh bantuan pembiayaan perumahan dari Pemerintah dengan sistem yang kita bangun," ucap Arief dalam siaran pers, Jumat (12/6/2020).

Hal ini menyusul sinergi secara host to host dengan Ditjen Pembiayaan Perumahan Kementerian PUPR pada aplikasi SiKasep dalam proses verifikasi data penyaluran bantuan pembiayaan perumahan untuk Subsidi Selisih Bunga ( SSB).

Sejak diluncurkan untuk pembiayaan SSB pada Senin (8/6/2020) tercatat, sebanyak 2.477 debitur SSB yang di verifikasi menggunakan aplikasi SiKasep.

Arief menuturkan, PPDPP juga telah melakukan sinergi dengan beberapa pihak untuk menjalankan aplikasi SiKasep dengan baik.

Diketahui, PPDPP telah menjalankan sistem secara otomatis yang melibatkan peran serta dari Ditjen Kependudukan dan Pencatatan Negeri Sipil (Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri dalam hal verifikasi status kependudukan.

Baca juga: Pengguna SiKasep 131.701 Orang, Jawa Barat Favorit

Kemudian, PPDPP juga bekerja sama dengan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN). Sehingga, seluruh arus data dan transaksi yang dilakukan dipastikan hanya pihak PPDPP dan Bank Pelaksana saja yang dapat mengaksesnya.

Selain itu, kerja sama juga dilakukan dengan BLU Pusat Investasi Pemerintah (PIP) Kementerian Keuangan dalam hal integrasi program Pemerintah dalam pengembangan data Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dan data MBR yaitu dengan pemanfaatan jaringan komunikasi data penerima fasilitas pemerintah.

Arief menyampaikan, rangkaian sistem Big Data yang dibangun oleh PPDPP saat ini masih memiliki banyak potensi pengembangan lebih lanjut.

“Dalam hal kerjasama, PPDPP selalu terbuka, saat ini kami juga sedang lakukan komunikasi dengan beberapa perusahaan negara dalam hal pemanfaatan penyaluran bantuan pembiayaan perumahan," kata Arief.

Arief berharap, aplikasi SiKasep dapat memberikan KPR bersubsidi tepat sasaran bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR). 



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X