Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

SiKasep Jadi Wadah Penyaluran Bantuan Perumahan

"Saat ini kami terus mengembangkan dan menyinergikan seluruh bantuan pembiayaan perumahan dari Pemerintah dengan sistem yang kita bangun," ucap Arief dalam siaran pers, Jumat (12/6/2020).

Hal ini menyusul sinergi secara host to host dengan Ditjen Pembiayaan Perumahan Kementerian PUPR pada aplikasi SiKasep dalam proses verifikasi data penyaluran bantuan pembiayaan perumahan untuk Subsidi Selisih Bunga (SSB).

Sejak diluncurkan untuk pembiayaan SSB pada Senin (8/6/2020) tercatat, sebanyak 2.477 debitur SSB yang di verifikasi menggunakan aplikasi SiKasep.

Arief menuturkan, PPDPP juga telah melakukan sinergi dengan beberapa pihak untuk menjalankan aplikasi SiKasep dengan baik.

Diketahui, PPDPP telah menjalankan sistem secara otomatis yang melibatkan peran serta dari Ditjen Kependudukan dan Pencatatan Negeri Sipil (Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri dalam hal verifikasi status kependudukan.

Kemudian, PPDPP juga bekerja sama dengan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN). Sehingga, seluruh arus data dan transaksi yang dilakukan dipastikan hanya pihak PPDPP dan Bank Pelaksana saja yang dapat mengaksesnya.

Selain itu, kerja sama juga dilakukan dengan BLU Pusat Investasi Pemerintah (PIP) Kementerian Keuangan dalam hal integrasi program Pemerintah dalam pengembangan data Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dan data MBR yaitu dengan pemanfaatan jaringan komunikasi data penerima fasilitas pemerintah.

Arief menyampaikan, rangkaian sistem Big Data yang dibangun oleh PPDPP saat ini masih memiliki banyak potensi pengembangan lebih lanjut.

“Dalam hal kerjasama, PPDPP selalu terbuka, saat ini kami juga sedang lakukan komunikasi dengan beberapa perusahaan negara dalam hal pemanfaatan penyaluran bantuan pembiayaan perumahan," kata Arief.

Arief berharap, aplikasi SiKasep dapat memberikan KPR bersubsidi tepat sasaran bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR). 

https://properti.kompas.com/read/2020/06/13/190000721/sikasep-jadi-wadah-penyaluran-bantuan-perumahan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke