Pemerintah Bangun Rusunawa dan Embung di Universitas Lampung

Kompas.com - 13/06/2020, 15:00 WIB
Pembangunan Rusunawa dan Embung di Universitas Lampung (Unila). Dok. TIM KOMUNIKASI PUBLIK SNVT PENYEDIAAN PERUMAHAN PROVINSI LAMPUNG / BAGIAN HUKUM DAN KOMUNIKASI PUBLIK DITJEN PERUMAHAN KEMENTERIAN PUPRPembangunan Rusunawa dan Embung di Universitas Lampung (Unila).

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) membangun satu menara rumah susun sewa ( Rusunawa) dan Embung Konservasi Air di kawasan kampus Universitas Lampung ( Unila).

Kepala Satuan Kerja Non Vertikal (SNVT) Penyediaan Perumahan Provinsi Lampung Zubaidi mengungkapkan, pembangunan rusunawa dan embung air ini merupakan wujud solidaritas antara Dirjen Perumahan dan Dirjen Sumber Daya Air (SDA) Kementerian PUPR.

"Pembangunan rusunawa dan embung ini dibuat oleh Ditjen Perumahan dan Ditjen SDA melalui Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Mesuji Sekampung Provinsi Lampung," kata Zubaidi dalam siaran pers, Jumat (12/6/2020).

Baca juga: Rusunawa Nelayan Lombok Timur Disulap Jadi Ruang Isolasi Covid-19

Khusus untuk Rusunawa, anggaran yang dikeluarkan oleh Pemerintah untuk pembangunannya tersebut sebesar Rp 12,6 miliar.

Zubaidi mengungkapkan, rusunawa di kampus Unila tersebut akan dikelola oleh pihak kampus tersebut.

Berdasarkan data yang dimiliki SNVT Penyediaan Perumahan Provinsi Lampung, rusunawa tersebut dibangun sebanyak satu menara dan memiliki ketinggian empat lantai.

Lokasi pembangunan Rusunawa Unila berada di Kota Bandarlampung, terdiri dari 50 unit hunian dengan tipe 24.

Setiap unit Rusunawa yang diibangun telah dilengkapi fasilitas yang layak seperti listrik, air bersih, tempat tidur tingkat, lemari 2 pintu, meja belajar, kursi belajar, dan juga CCTV di setiap sudut ruangan, serta kamar mandi.

Menurut Zubaidi, rusunawa tersebut diketahui dapat menampung sebanyak 200 mahasiswa di kampus Unila.

Rusunawa tersebut diharapkan bisa membantu para mahasiswa untuk mendapatkan tempat yang layak selama proses belajar mengajar dan bisa lebih fokus belajar untuk meningkatkan prestasi.

Sementara, pembangunan Embung Konservasi Air diharapkan dapat menjaga Sumber Daya Air (SDA) serta menyediakan kebutuhan air bersih di lingkungan kampus.



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X