Penataan Kawasan Senen Belum Tuntas, Pengamat: Karena DKI Tak Punya RDTR

Kompas.com - 05/02/2021, 20:19 WIB
Kondisi jalur pedestrian di Kawasan Senen, Jakarta Pusat handoutKondisi jalur pedestrian di Kawasan Senen, Jakarta Pusat

JAKARTA, KOMPAS.com - Penataan kawasan Pasar Senen belum selesai dan akan berlanjut hingga area Pasar Senen Jaya dan Terminal Senen.

Dalam akun Instagram resminya, @aniesbaswedan, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan, Halte Senen sudah direvitalisasi menjadi lebih lebar.

Selain itu juga dilengkapi dua Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) baru yang dilengkapi lift, memperbaiki alur kendaraan dengan mengutamakan pejalan kaki, pesepeda dan transportasi publik.

Anies juga akan melanjutkan penataan jalur pedestrian dari koridor Jalan Kramat Raya sampai Jalan Kramat Bunder arah Stasiun Senen, dilengkapi bus stop dan signage baru.

Membangun jalur pedestrian bagi pejalan kaki merupakan salah satu janji Anies. Oleh karena itu, perbaikan trotoar di Pasar Senen akan dijadikan prioritas program pembangunan Kota Jakarta.

Baca juga: Ikon Jakarta, Pasar Kue Subuh Senen Beroperasi Kembali April 2022

Tak hanya itu, revitalisasi jalur pedestrian juga akan dilakukan di koridor-koridor Simpang Lima Senen hingga ke Bungur dengan konsep complete street yang dilengkapi jalur sepeda, amenities dan buffer.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Namun, rencana tersebut baru akan direalisasikan tahun 2022 karena Pemprov DKI ingin memfokuskan pembangunan trotoar di wilayah Jakarta Selatan.

Sementara di sisi lain, saat ini sedang berlangsung pembangunan Pasar Senen Jaya Blok I dan II, yang akan terkoneksi dengan Halte TransJakarta.

Ketika tuntas nanti, akan makin memperindah dan mengembalikan kejayaan kawasan Pasar Senen sebagai pusat bisnis dan wisata belanja.

Menanggapi hal itu, Pengamat Tata Ruang Perkotaan dari Universitas Trisakti Jakarta Nirwono Joga mengatakan, persoalan mendasar yang masih belum dibenahi terkait sarana dan prasarana tata kota di Jakarta adalah belum adanya Rencana Detail Tata Ruang (RDTR).

Baca juga: Wajah Baru Pasar Senen, Lebih Modern dan Kekinian

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X