Kompas.com - 05/02/2021, 21:00 WIB
Ilustrasi hotel SHUTTERSTOCKIlustrasi hotel

JAKARTA, KOMPAS.com - Industri perhotelan dinilai sebagai salah satu sub-sektor properti yang mengalami hantaman paling keras.

Betapa tidak, tingkat okupansi industri yang erat kaitannya dengan pariwisata ini hanya berkisar 10-20 persen saja selama Pandemi Covid-19.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Senior Director Head of Advisory Group Jones Lang LaSalle (JLL) Indonesia Vivin Harsanto mengatakan hal itu dalam webinar, Jumat (5/2/2021).

"Hotel memang cukup berat. Kami melihat malah banyak sekali yang dijajakan (dijual) ya, mungkin (tingkat) okupansi sekitaran 10-20 persen, ini memang cukup berat," ujar Vivin.

Tak patah semangat, beberapa perhotelan memiliki strategi untuk memperoleh sertifikasi Cleanliness, Health, Safety, and Environment Sustainability (CHSE).

Baca juga: PHRI Nilai Usulan Lockdown Akhir Pekan Perburuk Industri Perhotelan

Perolehan sertifikat ini merupakan salah satu cara agar instansi pemerintah bisa membuat seminar atau event (acara) di perhotelan.

Menurut Vivin, hal itu merupakan suatu strategi untuk memperbaiki tingkat okupansi suatu hotel.

Berdasarkan catatan Kompas.com, ada beberapa hotel yang berhasil meraih sertifikasi tersebut.

Sebut saja, Mambruk Hotel & Convention Anyer yang meriah skor 98/100.

Selain itu, 19 jaringan POP! Hotels yang merupakan bagian dari Tazia Hotels juga telah mendapatkan capaian itu.

Baca juga: Marak Hotel Dijual di Marketplace, Pengamat: Tak Mungkin Dilakukan Pemilik

Vivin mengatakan, sertifikat CHSE itu tidak cukup karena masih butuh beberapa trik maupun inovasi yang perlu dilakukan pengelola maupun pemilik hotel.

Meski demikian, industri hotel diprediksi akan kembali bangkit setelah vaksinasi Covid-19 dilakukan, yakni 21 bulan atau 6 bulan lebih lama dibandingkan prediksi pemerintah.

"Kalau di government dibilang 12-15 bulan, saya rasa mungkin akan lebih dari itu. Dari 15 bulan mungkin, it takes another 6 months (butuh tambahan waktu 6 bulan) untuk orang confident (percaya diri)," tutup Vivin.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.