Jalan dan Kereta, Belanja Infrastruktur Terbesar Pemerintahan Jokowi

Kompas.com - 16/07/2020, 21:31 WIB
Tol Pekanbaru-Dumai (Permai). PT Hutama Karya (Persero)Tol Pekanbaru-Dumai (Permai).

JAKARTA, KOMPAS.com -  Proyek jalan dan transportasi berbasis rel dianggap sebagai belanja infrastruktur terbesar Pemerintahan Joko Widodo (Jokowi).

Dalam Tinjauan Sektor Infrastruktur Indonesia, Fitch Solution melaporkan, keduanya mengambil porsi terbesar dengan angka masing-masing 29 persen dan 22 persen dari total nilai proyek infrastruktur yang saat ini dalam tahap perencanaan dan konstruksi.

Sebagaimana diketahui, jalan dan kereta api sangat mendukung pertumbuhan sektor infrastruktur di negara ini.

Fitch menulis, pipa pengembangan jalan dan kereta masuk dalam program Proyek Strategis Nasional (PSN) yang diluncurkan sejak Jokowi menjabat sebagai presiden.

Dalam keterangan yang diterima Kompas.com, Kamis (16/7/2020), Fitch menyebut proyek terbesar PSN adalah Jalan Tol Trans-Sumatera dengan nilai 33,7 miliar dollar AS yang terbagi ke dalam beberapa segmen.

Baca juga: Tol Trans-Sumatera Bisa Disebut Layak Finansial jika Aceh-Lampung Tersambung

Kemajuan proyek ini tetap stabil, dengan lebih dari 400 kilometer tuntas pada Juni 2020 dari total panjang 2.900 kilometer, dan sisanya masih dalam proses pembangunan.

Sementara proyek-proyek infrastruktur berbasis rel seperti kereta yang saat ini sedang dibangun, terbesar adalah Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) dengan nilai 6 miliar dollar AS.

KCJB didukung oleh pinjaman lunak dari China, sebagai bagian dari program Belt and Road Initiatitve.

"Pemerintah Indonesia saat ini juga sedang mempelajari kemungkinan perluasan jalur kereta cepat dari Bandung ke Surabaya di Jawa Timur. Jepang telah menyatakan minatnya untuk membangun dan membiayai perluasan kereta cepat ini," tulis Fitch.

Sejumlah eskalator di beberapa stasium MRT Jakarta dimatikan setelah banjir melanda Jakarta, Selasa (17/12/2019).Twitter MRT Jakarta Sejumlah eskalator di beberapa stasium MRT Jakarta dimatikan setelah banjir melanda Jakarta, Selasa (17/12/2019).
Selain itu, terdapat pula pengembangan Jakarta Mass Rapid Transit ( MRT) Tahap II yang saat ini sedang berlangsung.

Halaman:


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X