Selain Fungsional, Bangunan Gedung Harus "Instagramable"

Kompas.com - 28/11/2017, 14:17 WIB
Guggenheim Bilbao, Bilbao Guggenheim Bilbao, Bilbao
|
EditorHilda B Alexander

JAKARTA, KompasProperti - Konsep gedung yang kaku dan membosankan tampaknya mulai ditinggalkan.

Selain fokus pada fungsi, perancangan gedung juga harus melibatkan estetika sehingga enak dipandang.

"Sekarang, cara pandang generasi milenial berdampak pada keputusan besar dunia arsitektur.
Tantangan bagi arsitek menjadi tidak mudah," ujar President NS Bluescope ASEAN Simon Linge di Hotel Mulia, Jakarta, Selasa (28/11/2017).

Tidak hanya fungsional dan cantik, kata Simon, pembangunan juga dituntut efisien dan cepat. Tututan inilah yang menjadi tantangan bagi arsitek.

Senada dengan Simon, Vice president Marketing NS Bluescope Indonesia Selly Mafonna Dandel juga menjelaskan pembangunan gedung zaman sekarang sangat berbeda dibandingkan dulu.

Burj Al Arab adalah sebuah hotel mewah di Dubai, Uni Emirat Arab. KOMPAS.com/NI LUH MADE PERTIWI F Burj Al Arab adalah sebuah hotel mewah di Dubai, Uni Emirat Arab.
Sebagi contoh, bangunan peninggalan zaman Belanda terlihat megah dan ikonik di zaman sekarang. Namun dibangun dalam waktu lama menggunakan beton dan bata.

Saat ini, perkembangan zaman dan urbanisasi makin cepat sehingga pembangunan juga harus menyesuaikan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Ekonomi pun shifting dari generasi X ke Z yang banyak berubah. Generasi Z atau milenial tidak hanya menghargai uang tapi juga experience. Gedung yang menarik itu istilahnya instagramable," kata Selly.

Dengan adanya perkembangan zaman, imbuh Selly, generasi milenal justru berlomba-lomba mencari inovasi untuk kemudian dipamerkan di akun media sosial masing-masing.

Jakarta Skyline.worldpropertychannel.com Jakarta Skyline.
Hal tersebut secara tidak langsung membuat rancangan bangunan-bangunan terkini menjadi lebih kompleks.

Arsitek dituntut untuk dapat melayani kebutuhan estetika tersebut, namun di sisi lain tetep mengedepankan fungsi dan ketahanan.

Selly mengklaim Bluescope dapat mewujudkan kebutuhan tersebut dengan rancang desain yang rumit sekalipun.

Gedung Sate BandungRio Kuswandi Gedung Sate Bandung
Produk terbarunya bernama Colorbond, Bluescope menjamin warna pada baja bertahan sampai 20 tahun. Selain itu, produk ini juga dijamin mampu tahan terhadap korosi sampai 30 tahun.

"Dengan keunggulan ini, bangunan jadi lebih efisien dan pengelolaan atau manajemen gedung menjadi lebih mudah tanpa harus mengecat kembali saat warna sudah pudar atau terkena korosi," jelas Selly.



Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X