Kondisi Terkini Konektivitas Perbatasan di Tengah Polemik UU Cipta Kerja

Kompas.com - 06/10/2020, 20:56 WIB
Jalan perbatasan Indonesia-Malaysia di Kalimantan Kementerian PUPRJalan perbatasan Indonesia-Malaysia di Kalimantan

JAKARTA, KOMPAS.com - Polemik mengenai Undang-Undang (UU) Cipta Kerja yang telah disahkan DPR, Senin (5/10/2020) terus bergulir.

Di sisi lain, pembangunan infrastruktur konektivitas jalan dan jembatan di kawasan perbatasan Indonesia dan negara tetangga, juga tak kenal jeda.

Baik yang dikerjakan di Provinsi Kalimantan, Papua, maupun di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) terus berlanjut.

Pekerjaan fisik ini sejalan dengan visi membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah dan desa dalam kerangka negara kesatuan.

Tujuannya adalah membuka keterisolasian daerah terpencil, mengurangi biaya kemahalan dan meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki hadimuljono menuturkan, jaringan jalan perbatasan merupakan infrastruktur yang bernilai strategis bagi NKRI dengan fungsi sebagai pertahanan dan keamanan negara.

Baca juga: Strategis, Jalan Paralel Perbatasan Indonesia-Malaysia di Kalbar Dibangun Bertahap

"Selain itu juga demi mendukung pusat pertumbuhan ekonomi baru di kawasan perbatasan,” ujar Basuki yang dikutip Kompas.com, Selasa (6/10/2020).

Di Provinsi Kalimantan, Direktorat Jenderal Bina Marga secara bertahap terus membangun jalan paralel perbatasan Indonesia-Malaysia sepanjang 1.910,11 kilometer.

Konektivitas ini melintasi tiga provinsi yakni Provinsi Kalimantan Barat sepanjang 811,32 kilometer, Kalimantan Timur yang membentang 412,59 kilometer, dan Kalimantan Utara sepanjang 770,25 kilometer.

Jalan Perbatasan Indonesia-Malaysia di KalimantanKementerian PUPR Jalan Perbatasan Indonesia-Malaysia di Kalimantan
Pada tahun 2020, peningkatan jaringan jalan perbatasan di Kalimantan dilaksanakan sepanjang 548,49 kilometer yang meliputi beberapa paket pekerjaan diantaranya rekonstruksi jalan, pelebaran, rehabilitasi, pemeliharaan rutin, dan penggantian jembatan.

Halaman:
Baca tentang


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X