Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 19/09/2020, 14:35 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Trafik atau lalu lintas harian rata-rata (LHR) di gerbang-gerbang tol (GT) utama mengalami peningkatan selama periode 1-23 Agustus 2020 sebesar 13 persen dibanding Juli 2020 dari kondisi normal 281.513 kendaraan.

Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mencatat pada Agustus 2020, LHR sebanyak 319.219 kendaraan. Sementara pada Juli 2020 terekam sejumlah 274.159 kendaraan.

Kepala BPJT Danang Parikesit menuturkan, trafik tol tersebut dihitung dari jumlah kendaraan yang melintasi tujuh GT utama, yakni Bakauheni, Merak, Cikupa Utama, Cikampek Utama, Palimanan, Kalikangkung, dan Kalihurip Utama.

"Selama periode Agustus ini, GT Cikupa Utama mencatat LHR tertinggi yakni 40.847 kendaraan menuju Merak, dan 41.312 kendaraan menuju Jakarta," ungkap Danang kepada Kompas.com, Sabtu (19/9/2020). 

Baca juga: Trafik Anjlok 60 Persen, ATI Nilai Kinerja Tol Masih Sesuai Ekspektasi

GT Bakauheni merupakan gerbang yang mencatat LHR paling minim yakni hanya 4.845 kendaraan menuju Lampung dan 4.982 kendaraan menuju Bakauheni.

Menurut Danang, kenaikan trafik jalan tol pada Bulan Agustus terjadi seiring berakhirnya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), dan kembali diizinkannya operasional ruang-ruang publik, baik di Jakarta, maupun kota-kota lainnya.

Sementara, saat pemberlakuan kebijakan belajar, sekolah, dan beribadah dari rumah pada Maret dan disusul Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) pada April, trafik jalan tol mengalami penurunan signifikan.

Pada periode 16-31 Maret, LHR merosot 24 persen menjadi 213.959 kendaraan yang melintasi tujuh GT utama. 

Angka itu terus turun sebesar 44 persen menjadi 158.733 kendaraan pada periode April, dan puncaknya terjadi pada Bulan Mei yang anjlok sebesar 55 persen menjadi hanya 128.007 kendaraan.

Baca juga: ATI Sebut Ditundanya Kenaikan Tarif Tol, Bukti Pemerintah Lemah

Danang mencatat penurunan terbesar terjadi di GT Bakauheni, sebesar 90 persen saat diberlakukannya penyekatan kendaraan pribadi atau Golongan I.

Sementara data trafik jalan tol untuk periode September atau pasca pemberlakuan PSBB ketiga masih dianalisis BPJT.

"Data LHR Periode September, masih kami analisisis, termasuk dampak diberlakukannya PSBB terbaru," tuntas Danang.

 

 

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com