Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wika Pastikan Perbaikan RSKI Covid-19 Pulau Galang Tuntas Jumat Ini

Kompas.com - 18/09/2020, 16:07 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Wijaya Karya Bangunan gedung Tbk atau Wika Gedung memastikan perbaikan Rumah Sakit Khusus Infeksi (RSKI) Covid-19 Pulau Galang, Batam, Kepulauan Riau, tuntas Jumat (18/9/2020) ini.

Corporate Secretary Wika Gedung Bobby Iman Setia memastikan hal itu dalam keterangan tertulis kepada Kompas.com.

"Gedung A RSKI Covid-19 akan selesai diperbaik per hari ini, dan kembali dapat memberikan pelayanan yang optimal seperti sedia kala," kata Bobby.

Perbaikan dilakukan karena beberapa bagian rumah sakit rusak terkena bencana alam puting beliung yang terjadi pada Rabu (16/9/2020) pukul 02:00 WIB.

Hembusan angin puting beliung merambah ke bangunan observasi setelah melewati area helipad.

Baca juga: Dikelola TNI, Fasilitas Isolasi di Pulau Galang Siap Digunakan

Mengutip Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Batam Suratman, Bobby menjelaskan, angin kencang disebabkan oleh adanya pembentukan awan cumulonimbus (CB) di sekitar Kepulauan Riau. Awan tersebut mengakibatkan tekanan udara menjadi rendah (ekstrim).

Karena berbatasan langsung dengan alam terbuka, terdapat beberapa kerusakan minor akibat bencana alam tersebut, yaitu kerusakan penutup atap pada Gedung A RSKI Covid-19.

"Pada hari yang sama dilakukan pengecekan dan perbaikan secara menyeluruh," kata Bobby.

Meski terjadi kerusakan di beberapa bagian, namun tidak ada pasien yang mengalami luka akibat insiden itu dan operasionalisasi RSKI dari awal kejadian tetap dapat berjalan normal hingga saat ini.

Atas insiden ini, Wika Gedung menyampaikan permohonan maaf. Sebagai kontraktor pelaksana pembangunan RSKI Covid-19, Perusahaan tetap berkomitmen untuk mengutamakan mutu pekerjaan dan Keselamatan dan Kesehatan Kerja.

Sebelumnya diberitakan, RSKI Covid-19 Pulau Galang, Batam, Kepulauan Riau mengalami kerusakan di bagian atap dan dinding.

Kerusakan terjadi setelah rumah sakit tersebut dihantam angin kencang yang disertai hujan pada Rabu (16/9/2020), sekitar pukul 02.30 WIB.

Baca juga: Gedung RS Khusus Covid-19 Pulau Galang Rusak akibat Angin Kencang

Meski rumah sakit mengalami kerusakan yang cukup berarti, tidak ada korban jiwa yang ditimbulkan.

“Rusaknya berada di Gedung A, tapi alhamdulillah tidak ada korban jiwa. Padahal saat kejadian gedung tersebut diisi sekitar 160 orang yang tengah menjalani perawatan dan karantina,” kata Kepala RSKI Covid-19 Pulau Galang Kolonel Khairul Ihsan saat dihubungi, Rabu (16/9/2020).

Ihsan mengatakan, saat ini perbaikannya sedang berjalan. Kemudian, 160 orang yang sebelumnya dirawat di gedung tersebut sudah dipindahkan ke gedung lain di sebelahnya.

“Mungkin karena berhadapan langsung dengan alam terbuka, karena tidak ada pepohonan dan bangunan lainnya, jadi langsung halaman kosong. Hal ini mungkin memudahkan diterjang angin,” kata Ihsan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com