Dikelola TNI, Fasilitas Isolasi di Pulau Galang Siap Digunakan

Kompas.com - 06/04/2020, 21:03 WIB
Pembangunan fasilitas isolasi dan observasi penyakit menular di Pulau Galang telah tuntas Dok. Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPRPembangunan fasilitas isolasi dan observasi penyakit menular di Pulau Galang telah tuntas

JAKARTA, KOMPAS.com - Pembangunan fasilitas observasi/penampungan/karantina untuk pengendalian penyakit infeksi menular di Pulau Galang, Batam, Kepulauan Riau, telah selesai dan siap digunakan pada Senin (6/4/2020).

Pembukaan rumah sakit dilakukan oleh Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertanahan I (Pangkogabwilhan I) Laksamana Madya TNI Yudo Margono.

Pembangunan fasilitas isolasi dan observasi penyakit menular di Pulau Galang telah tuntasDok. Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR Pembangunan fasilitas isolasi dan observasi penyakit menular di Pulau Galang telah tuntas
Melalui keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Senin, kini, fasilitas tersebut telah ditempati sebanyak 247 petugas yang terdiri dari dokter, tenaga medis, paramedis.

Ada pula tenaga non medis yang terdiri dari TNI, POLRI, petugas dari Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau, serta sukarelawan.

Baca juga: Melihat dari Dekat Lokasi Pusat Karantina Penyakit Infeksi Menular di Pulau Galang

Di dalamnya saat ini sudah tersedia peralatan kesehatan danperlengkapan gizi yang disediakan oleh Kementerian Kesehatan.

Selain itu, terdapat layanan pendukung seperti 20 unit ambulans, 4 unit truk, 4 unit minibus, 2.000 buah APD, dan 5.000 buah masker.

Terbagi menjadi 3 zona

Keseluruhan area fasilitas ini terbagi menjadi tiga zonasi. Ketiganya adalah Zona A yang merupakan wilayah renovasi eks Sinam.

Zona ini meliputi gedung penunjang seperti mess petugas, dokter dan perawat, gedung sterilisasi, gedung farmasi, gedung gizi, laundry, gudang dan power house.

Pembangunan fasilitas isolasi dan observasi penyakit menular di Pulau Galang telah tuntasDok. Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR Pembangunan fasilitas isolasi dan observasi penyakit menular di Pulau Galang telah tuntas
Lalu Zona B meliputi fasilitas penampungan dan fasilitas pendukung seperti ruang isolasi, ruang observasi, Laboratorium, ruang sterilisasi, Central Gas Medik, instalasi jenazah, landasan helicopter (helipad), dan zona utilitas.

Baca juga: Jokowi Pastikan Fasilitas Isolasi di Pulau Galang Beroperasi 6 April

Hingga saat ini terdapat dua gedung bertingkat dua yang berada di Zona B. Gedung tersebut dimanfaatkan sebagai fasilitas observasii, penampungan, karantina, serta isolasi bagi Intensive Care Unit (ICU) dan untuk Non ICU.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X