Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tol Layang AP Pettarani Beroperasi, BMN Dapat Tambahan Konsesi 15 Tahun

Kompas.com - 18/09/2020, 14:00 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Jalan Tol Layang AP Pettarani, Makassar, Sulawesi Selatan, tak lama lagi akan beroperasi.

Rencananya, pembukaan jalan bebas hambatan sepanjang 4,3 kilometer ini diresmikan oleh Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) pada Oktober 2020.

Pembangunan Jalan Tol Layang AP Pettarani merupakan investasi dari PT Marga Utama Nusantara (MUN) melalui anak usaha PT Bosowa Marga Nusantara (BMN).

Chief Finance Officer PT MUN Ricky Camelien mengatakan, dengan beroperasinya jalan tol layang ini, maka PT BMN mendapat tambahan konsesi selama 15 tahun dari sebelumnya 30 tahun hingga 2043 untuk keseluruhan Jalan Tol Makassar Seksi I-III. 

"Konsesi awal BMN sebelumnya adalah 30 tahun, hanya sampai tahun 2028," ungkap Ricky menjawab Kompas.com, Jumat (18/9/2020).

Baca juga: Beroperasi Oktober 2020, Tol Layang AP Pettarani Bertarif Rp 9.500

Namun demikian, menurut Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Danang Parikesit, tambahan konsesi ini belum diputuskan.

BMN selaku Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) masih harus mengirimkan pengajuan tambahan konsesi karena berkaitan dengan biaya investasi dan daya beli masyarakat. 

Kementerian PUPR akan melakukan Uji Laik Fungsi (ULF) pada September ini dan setelahnya akan diterbitkan Sertifikat Laik Operasi (SLO), menyusul kemudian Surat Keputusan (SK) Pengoperasian.

"Selanjutnya, pentarifan akan ditetapkan melalui review Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP) untuk biaya yang akan diterjemahkan dalam masa konsesi dan penetapan tarif," jelas Danang.

Tol Layang AP Pettarani stap diresmikan Oktober 2020.PT Bosowa Marga Nusantara Tol Layang AP Pettarani stap diresmikan Oktober 2020.
Saat ini, tarif yang berlaku untuk Tol Makassar eksisting sebesar Rp 4.000 untuk kendaraan Golongan I. Pemberlakuan tarif ini berlaku hingga Januari 2021.

Pada Bulan Februari 2021, akan ada penyesuaian tarif yang akan ditetapkan melalui keputusan Menteri PUPR yang diperkirakan menjadi Rp 9.500.

Ricky mengatakan terdapat potensi peningkatan revenue sebesar 12 sampai 15 persen dari Lalu Lintas Harian Rata-rata (LHR) pengoperasian tol ini yang diperkirakan bertambah 1.000-2.000 kendaraan.

Sebelum Pandemi Covid-19, LHR Tol Makassar sekitar 60.000 hingga 65.000 kendaraan.

Jalan Tol Layang AP Pettarani menghubungkan bagian Selatan Kota Makassar dengan Pelabuhan Soekarno-Hatta, Makassar New Port, Bandara Internasional Sultan Hasanudin, dan pesisir selatan Sulawesi Selatan.

Dengan tergabungnya Jalan Tol Layang AP Pettarani dan jalan tol eksisting ini, maka seluruh ruas tol Seksi I-III akan menjadi sistem operasi terbuka dengan total panjang 10,4 kilometer.

Jika kelak beroperasi penuh, waktu tempuh menjadi lebih singkat, 30 menit ke arah Bandara Internasional Sultan Hasanudin, dan 10 menit ke Pelabuhan Soekarno-Hatta.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com