Tol Layang AP Pettarani Beroperasi, BMN Dapat Tambahan Konsesi 15 Tahun

Kompas.com - 18/09/2020, 14:00 WIB
Tol Layang AP Pettarani dibangun sepanjang 4,3 kilometer PT Bosowa Marga NusantaraTol Layang AP Pettarani dibangun sepanjang 4,3 kilometer

JAKARTA, KOMPAS.com -  Jalan Tol Layang AP Pettarani, Makassar, Sulawesi Selatan, tak lama lagi akan beroperasi.

Rencananya, pembukaan jalan bebas hambatan sepanjang 4,3 kilometer ini diresmikan oleh Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) pada Oktober 2020.

Pembangunan Jalan Tol Layang AP Pettarani merupakan investasi dari PT Marga Utama Nusantara (MUN) melalui anak usaha PT Bosowa Marga Nusantara (BMN).

Chief Finance Officer PT MUN Ricky Camelien mengatakan, dengan beroperasinya jalan tol layang ini, maka PT BMN mendapat tambahan konsesi selama 15 tahun dari sebelumnya 30 tahun hingga 2043 untuk keseluruhan Jalan Tol Makassar Seksi I-III. 

"Konsesi awal BMN sebelumnya adalah 30 tahun, hanya sampai tahun 2028," ungkap Ricky menjawab Kompas.com, Jumat (18/9/2020).

Baca juga: Beroperasi Oktober 2020, Tol Layang AP Pettarani Bertarif Rp 9.500

Namun demikian, menurut Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Danang Parikesit, tambahan konsesi ini belum diputuskan.

BMN selaku Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) masih harus mengirimkan pengajuan tambahan konsesi karena berkaitan dengan biaya investasi dan daya beli masyarakat. 

Kementerian PUPR akan melakukan Uji Laik Fungsi (ULF) pada September ini dan setelahnya akan diterbitkan Sertifikat Laik Operasi (SLO), menyusul kemudian Surat Keputusan (SK) Pengoperasian.

"Selanjutnya, pentarifan akan ditetapkan melalui review Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP) untuk biaya yang akan diterjemahkan dalam masa konsesi dan penetapan tarif," jelas Danang.

Tol Layang AP Pettarani stap diresmikan Oktober 2020.PT Bosowa Marga Nusantara Tol Layang AP Pettarani stap diresmikan Oktober 2020.
Saat ini, tarif yang berlaku untuk Tol Makassar eksisting sebesar Rp 4.000 untuk kendaraan Golongan I. Pemberlakuan tarif ini berlaku hingga Januari 2021.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X