Beroperasi Oktober 2020, Tol Layang AP Pettarani Bertarif Rp 9.500

Kompas.com - 18/09/2020, 11:08 WIB
Tol Layang AP Pettarani stap diresmikan Oktober 2020. PT Bosowa Marga NusantaraTol Layang AP Pettarani stap diresmikan Oktober 2020.

JAKARTA, KOMPAS.com -  Jalan Tol Layang AP Pettarani, Makassar, Sulawesi Selatan, dipastikan beroperasi pada Oktober 2020.

Pengoperasian secara resmi rencananya akan dilakukan oleh Presiden RI Joko Widodo (Jokowi), mempertimbangkan jalan bebas hambatan ini merupakan tol layang pertama di Luar Pulau Jawa.

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Danang Parikesit mengatakan, pihaknya akan mengusulkan kepada Menteri PUPR supaya dapat diresmikan Presiden Jokowi.

"Karena ketika topping off pemasangan girder terakhir, Menteri PUPR hadir," ujar Danang kepada Kompas.com, Jumat (18/9/2020).

Danang menambahkan, pelaksanaan Uji Laik Fungsi (ULF) dilakukan September ini, dan setelahnya akan diterbitkan Sertifikat Laik Operasi (SLO).

Pembangunan Jalan Tol Layang AP Pettarani merupakan investasi dari PT Margautama Nusantara (MUN) melalui anak usaha PT Bosowa Marga Nusantara (BMN).

Baca juga: Inovasi Konstruksi Tol Layang AP Pettarani Dipuji Basuki

Anwar Toha Direktur Utama PT BMN mengungkapkan, seluruh proses pengerjaan proyek ini telah memasuki tahap akhir.

"Sehingga Jalan Tol Layang AP Pettarani dapat dioperasikan secara fungsional pada bulan Oktober 2020,” kata Anwar.

Saat ini, konstruksi fisik ruas sepanjang 4,3 kilometer dengan nilai investasi Rp 2,24 triliun ini telah memasuki tahap akhir dengan progres 99,22 persen.

Hanya tersisa pekerjaan minor dan perapian yang sedang dikerjakan meliputi marka jalan, pipa drainase, penerangan jalan, perambuan dan expansion joint.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X