Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dana Rp 2,27 Triliun Dikucurkan untuk 11 Pos Lintas Batas Negara

Kompas.com - 18/09/2020, 07:00 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktorat Jenderal (Ditjen) Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) membangun 11 Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Terpadu pada tahun 2020-2021 dengan total anggaran sebesar Rp 2,27 triliun.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, dari 11 PLBN, sudah ada 1 PLBN yang telah rampung pembangunannya yakni, PLBN Sota di Merauke, Provinsi Papua.

Lalu, 10 PLBN lain yang tengah dibangun adalah, PLBN Serasan di Kepulauan Riau, PLBN Jagoi babang dan Sei Kelik di Provinsi Kalimantan Barat, PLBN Long Midang, PLBN Long Nawang, serta PLBN Sei Pancang di Kalimantan Utara.

Kemudian, PLBN Labang, PLBN Napan, PLBN Oepoli di Nusa Tenggara Timur (NTT) dan PLBN Yetetkun di Papua.

Baca juga: Patung Soekarno di PLBN Motamasin Jadi Obyek Swafoto Warga NTT

Pembangunan 11 PLBN tersebut telah diatur dalam Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 1 Tahun 2019 tentang Percepatan Pembangunan 11 PLBN Terpadu dan Sarana Prasarana Penunjang di Kawasan Perbatasan.

Basuki mengatakan, pembangunan 10 PLBN tersebut bakal rampung secara keseluruhan pada akhir Desember 2021.

Menurutnya, pembangunan kawasan perbatasan dilakukan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dengan menciptakan embrio pusat-pusat pertumbuhan ekonomi dan kesenian.

"Seperti di PLBN Skouw yang menjadi pilot project, terdapat 456 kios yang sudah siap dimanfaatkan. Kemudian, PLBN Motamasin dibangun amfiteater sebagai pertunjukan hiburan dan kesenian," kata Basuki dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Kamis (17/9/2020).

Kementerian PUPR juga melaksanakan pembangunan di kawasan perbatasan melalui tiga program yakni, pembangunan sarana dan prasarana pendukung, jalan, serta rumah khusus di perbatasan.

Sebagai contoh, kawasan perbatasan Kalimantan Utara dibangun jalan perbatasan sepanjang 1.910 kilometer dengan kondisi belum tembus sepanjang 84,05 kilometer.

Lalu, perbatasan NTT dibangun jalan sepanjang 179,63 kilometer dengan kondisi seluruhnya tembus, dan di Papua dibangun jalan 919,16 kilometer dengan kondisi jalan yang belum sepanjang 179,08 kiloemeter.

Selama periode 2016-2020, Kementerian PUPR telah menyelesaikan tahap I pembangunan 7  kawasan PLBN yakni, PLBN Aruk, PLBN Entikong, dan Badau di Kalimantan, PLBN Motaain, Motamasin, dan Wini di NTT, dan PLBN Skouw di Papua dengan alokasi anggaran senilai Rp 2,5 triliun.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com