Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wings Group Kerja Sama dengan Pemprov Jatim Bersihkan Kali Tengah Gresik

Kompas.com - 17/09/2020, 16:30 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.comWings Group Indonesia melalui PT Wings Surya menggandeng Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jawa Timur mengadakan acara bertajuk "Gerakan Adopsi Sungai Brantas" dengan membersihkan muara Kali Tengah, Driyorejo, Gresik, Jawa Timur.

Acara tersebut melibatkan Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jawa Timur, Balai Besar Wilayah Sungai Brantas, TNI AL Korps Marinir, Brigade Infanteri 2 Marinir, Perum Jasa Tirta 1 Divisi Asa 2 Surabaya, serta Perangkat Desa di wilayah Kali Tengah.

Mananger Marketing Support Wings Surya Lilik Sianto mengatakan, acara tersebut bertujuan memberikan kesadaran bagi masyarakat yang tinggal di sekitar area muara Kali Tengah akan pentingnya menjaga kebersihkan lingkungan dan kelestarian, khusunya Daerah Aliran Sungai (DAS).

“Penting sekali mengedukasi masyarakat untuk tidak membuang sampah ke kali dan sungai. Karena, hal itu dapat memicu beragam dampak buruk seperti pencemaran air, penumpukan sampah, hingga banjir," terang Lilik dalam keterangan resmi yang diterima Kompas.com, Kamis (17/9/2020).

Baca juga: Wings Group Donasi Rp 6 Miliar untuk Air Bersih

Lilik melanjutkan, perusahaan berkomitmen untuk berperan aktif dalam mengedukasi masyarakat tentang pentingnya memilah sampah sesuai jenis, mengimbau untuk melakukan kegiatan daur ulang kemasan plastik demi menjaga kebersihan sungai.

Plt Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jawa Timur Sinarto mengapresiasi upaya pembersihan muara Kali Tengah tersebut. 

“Ini adalah ikhtiar yang baik dimana perusahaan memahami betul permasalahan kebersihan yang ada di lingkungan mereka dan semoga perusahaan lain juga memiliki kegiatan serupa sehingga lingkungan di Jawa Timur dapat terjaga baik,” kata Sinarto.

Perlu diketahui, Kali Tengah mengalir dari Gresik hingga ke Kali Brantas di Surabaya dan menjadi momok bagi masyarakat karena kerap kali mengakibatkan banjir.

Demi mempercepat proses pembersihan, dua ekskavator pun diturunkan untuk membersihkan muara sampah dari kali tersebut.

Lilik pun berharap, agar masyarakat ikut serta dalam menjaga kebersihan lingkungan sekitar Kali Tengah yang kerap menjadi penyebab banjir di wilayah itu.

"Mari bersama-sama bertanggung jawab mengelola dan membuang sampah pada tempat yang seharusnya,” tutup Lilik.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com