Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Beroperasi September 2020, Tol Layang AP Pettarani Bakal Ikon Makassar

Kompas.com - 17/05/2020, 18:21 WIB
Rosiana Haryanti,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan, Tol Layang AP Pettarani Makassar ditargetkan selesai tepat waktu dan beroperasi pada September 2020.

Saat ini progres pembangunan tol layang pertama di Makassar, Sulawesi Selatan, yang juga disebut Jalan Tol Ujung Pandang Seksi 3 ini telah mencapai 85 persen.

Menurut Basuki, keberadaan jalan bebas hambatan ini akan menjadi jalur logistik. Selain itu, juga menghubungkan pusat kota Makassar dengan Pelabuhan Soekarno-Hatta, Makassar New Port, Bandara Sultan Hasanudin, dan pesisir selatan Sulawesi Selatan.

"Tol Layang AP Pettarani akan menghubungkan New Port, Pelabuhan Soekarno-Hatta, dan Bandara Sultan Hasanudin, langsung nanti untuk ke pesisir selatan Sulawesi Selatan," kata Basuki melalui konferensi video, Minggu (17/5/2020).

Baca juga: Tol Layang Pertama di Makassar Masuki Tahap Akhir Pemasangan Balok Jembatan

Proyek ini dikerjakan oleh kontraktor pelaksana PT Wijaya Karya Beton Tbk (Wika Beton) dan Nippon Koei Co., Ltd. dalam Operasi Bersama PT Indokoei International dan PT Cipta Strada selaku Konsultan Supervisi, serta PT Virama Karya yang bertindak sebagai Konsultan Pengendali Mutu Independen.

Direktur Utama Wika Beton Hadian Pramudita mengatakan, pembangunan dilaksanakan sejak April 2018.

"Sebuah proyek besar dan prestisius karena kami mengerjakan secara lengkap dari desain produksi, instalasi, hingga finishing," ucap Hadian.

Adapun titik awal tol berada di akhir Jalan Tol Seksi II, tepatnya di Persimpangan Jalan Urip Sumoharjo.

Kemudian melewati Persimpangan Jalan Boulevard Panakkukan, Jalan Hertasning dan berakhir sebelum Persimpangan Jalan Sultan Alauddin.

Dengan tersambungnya tol layang ini dengan tol eksisting, maka seluruh ruas tol Seksi I-III akan berubah menjadi sistem operasi terbuka dengan total panjang 10,4 kilometer.

Hadian berharap, keberadaan tol ini akan menjadi solusi serta tengara baru Kota Makassar.

"Dengan adanya tol layang, nantinya bisa menjadi solusi dan manfaat serta dapat jadi ikon baru Kota Makassar," tuntas dia..

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com