Tol Layang Pertama di Makassar Masuki Tahap Akhir Pemasangan Balok Jembatan

Kompas.com - 17/05/2020, 11:42 WIB
Tol Layang AP Pettarani masuki tahap akhir pemasangan balok jembatan, Minggu (17/5/2020). Bosowa Marga NusantaraTol Layang AP Pettarani masuki tahap akhir pemasangan balok jembatan, Minggu (17/5/2020).

JAKARTA, KOMPAS.com - Pembangunan Jalan Tol Layang AP Pettarani, Makassar, memasuki tahap akhir pemasangan balok jembatan.

Tol layang pertama di ibu kota Sulawesi Selatan ini merupakan investasi dari PT Margautama Nusantara (MUN) melalui anak usahanya PT Bosowa Marga Nusantara (BMN).

Seremoni pengerjaan tahapan tersebut disaksikan langsung Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Danang Parikesit, dan Gubernur Sulawesi Selatan Nurdin Abdullah, melalui konferensi video, Minggu (17/5/2020).

Direktur Utama PT Bosowa Marga Nusantara (BMN) Anwar Toha mengatakan, Tol AP Pettarani merupakan salah satu bentuk dari kontribusi perusahaan untuk mengurai kepadatan lalu lintas di Kota Makassar.

Baca juga: Baru 23 Persen, Tol Pettarani Dijanjikan Bisa Dilintasi Mudik 2020

Meski di tengah Pandemi Covid-19, pengerjaan proyek jalan tol ini terusberjalan dengan tetap mematuhi standar Sistem Manajemen Kesehatan dan Keselamatan Kerja (SMK3) serta protokol pencegahan Covid-19 yang diterapkan secara disiplin dan ketat.

"Melalui tahapan ini, diharapkan pengerjaan proyek dapat segera selesai, sehingga masyarakat Makassar dapat merasakan manfaat dari jalan tol layang ini," ujar Anwar.

Proyek Jalan Tol AP Pettarani dikerjakan oleh kontraktor pelaksana PT Wijaya Karya Beton Tbk (Wika Beton) dan Nippon Koei Co., Ltd. dalam Operasi Bersama PT Indokoei International dan PT Cipta Strada selaku Konsultan Supervisi serta PT Virama Karya yang bertindak sebagai Konsultan Pengendali Mutu Independen.

Dalam membangun proyek jalan tol ini, Wika Beton dan Nippon Koei menggunakan teknologi konstruksi yang tergolong baru yakni metode span by span dengan launching gantry untuk proses pemasangan balok jembatan.

Selain itu, digunakan juga beam bracing sebagai metode kerja pilar jembatan. Metode ini sama dengan yang dilakukan pada proyek Jembatan Semanggi, di Jakarta.

Tol Layang AP Pettarani masuki tahap akhir pemasangan balok jembatan, Minggu (17/5/2020).Bosowa Marga Nusantara Tol Layang AP Pettarani masuki tahap akhir pemasangan balok jembatan, Minggu (17/5/2020).
Penggunaan metode ini dinilai sangat efektif dan dapat menekan risiko gangguan lalu lintas yang muncul saat proses pengerjaan proyek berlangsung.

Halaman:


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X