Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

UPDATE: Konstruksi Jakarta International Stadium 22,34 Persen

Kompas.com - 16/05/2020, 17:00 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Progres konstruksi proyek Jakarta International Stadium (JIS) telah mencapai 22,34 persen per Selasa (12/5/2020).

Mengutip laman resmi PT Wijaya Karya (Wika) Gedung, pekerjaan pembangunan proyek JIS saat ini pada tahap bekisting plat sisi selatan lantai 1 hingga 5.

Kemudian, bekisting plat sisi barat lantai 1 hingga 3, bekisting plat sisi timur lantai 1 hingga 4, bekisting plat sisi utara lantai 1 dan 2.

Lalu, pengerjaan konstruksi di area lapangan utama, area lapangan latihan, pembesian plat Nomor 333 zona 15, pemancangan zona 16, serta penimbunan tanah area taman Bersih Taman Wibawa (BMW).

Baca juga: Stadion Papua Bangkit Masuk Nominasi Stadium of The Year

Pekerjaan proyek pembangunan JIS dilakukan dengan tetap mengikuti protokol kesehatan seperti pengecekan suhu tubuh pekerja konstruksi, penyemprotan disinfektan secara berkala di area kantor, barak pekerja, kantin, serta fasilitas proyek.

Selanjutnya, Wika juga melakukan sterilisasi area tamu di pos 1, menyediakan stasiun cuci tangan, membagikan masker kepada seluruh karyawan di proyek pembangunan, dan menyediakan fasilitas medical check-up.

Proyek pembangunan JIS digarap konsorsium PT Wika Gedung, PT Jaya Konstruksi Tbk dan PT Pembangunan Perumahan (Persero) Tbk dengan skema kerja sama operasi (KSO).

Anggaran yang digunakan untuk membangun stadion ini senilai Rp 4,08 triliun.

JIS dibangun di atas lahan seluas 221.000 meter persegi dan ditargetkan rampung pada tahun 2021 mendatang.

Stadion ini dengan kapasitas 82.000 penonton ini dilengkapi dengan atap buka-tutup secara otomatis pertama di Indonesia dengan adanya Sky Viewing Deck di ketinggian 70 meter.

Beberapa stadion kenamaan dunia juga menerapkan kemampuan serupa, salah satunya Mercedes-Benz Stadium di Atlanta, Amerika Serikat.

JIS menjadi stadion pertama di Indonesia yang menggunakan rumput hybrid turf untuk lapangannya. Rumput hybrid turf merupakan percampuran antara rumput alami dan sintetis.

Stadion modern ini dirancang sedemikian rupa sehingga membuat jarak tribun dan lapangan lebih dekat dengan tiga tingkatan yakni lower tribun, middle tribun dan upper tribun.

JIS juga memiliki beberapa fasilitas tertentu seperti dua fasilitas lapangan latihan, restoran, ruang VIP, serta ruang ganti mewah.

Demikian halnya dengan fasilitas lainnya, seperti lahan parkir yang bisa menampung 800 mobil di parkir VIP dan VVIP yang diperuntukan bagi para pemain sepakbola dan 100 bus di lahan parkir.

Di sekitar stadion kelak akan dibangun sejumlah fasilitas umum dan sosial yang mengutamakan seni, budaya, dan lingkungan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com