Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

UPDATE: Progres Fasilitas Isolasi Pulau Galang 92 Persen, Tuntas 5 April

Kompas.com - 30/03/2020, 19:14 WIB
Rosiana Haryanti,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pembangunan fasilitas observasi/penampungan/karantina untuk pengendalian infeksi penyakit menular di Pulau Galang, Batam terus dikerjakan.

Sebelumnya, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan, pembangunan fasilitas tersebut selesai pada 28 Maret 2020.

Namun menurut Direktur Jenderal Cipta Karya Danis H Sumadilaga, progres konstruksi per Minggu (29/3/2020) sore baru mencapai 92 persen.

Melesetnya target penyelesaian ini dikarenakan adanya kendala faktor pengiriman barang, termasuk material konstruksi akibat cuaca buruk. 

Baca juga: Basuki Ungkap Alasan Pemerintah Bangun Pusat Karantina di Pulau Galang

"Berjalan baik, progres kemarin sore sudah 92 persen. Hari ini saya masih nunggu laporan (nanti laporan masuk sekitar pukul 19.00), tapi kalau saya perkirakan sudah 95 persen," ucap Danis kepada Kompas.com, Senin (20/3/2020).

Dengan demikian, target penyelesaian bergeser menjadi tanggal 5 April 2020.

Sebagai informasi, fasilitas observasi dan isolasi di Pulau Galang terdiri dari beberapa zona. Zona A (renovasi Eks Sinam) meliputi mess perawat, mess petugas, dan mess dokter.

Interior fasilitas isolasi dan observasi di Pulau Galang, BatamDok. Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR Interior fasilitas isolasi dan observasi di Pulau Galang, Batam
Kemudian gedung sterilisasi, gedung farmasi, gedung laundry, gedung gizi, gudang, dan power house.

Selanjutnya, pembangunan gedung juga dilaksanajan di Zona B yakni gedung isolasi ICU dengan 20 tempat tidur, gedung observasi 1 dengan 50 tempat tidur, gedung observasi 2 dengan 50 tempat tidur, dan gedung observasi 3 dengan kapasitas 240 tempat tidur.

Baca juga: Melihat dari Dekat Lokasi Pusat Karantina Penyakit Infeksi Menular di Pulau Galang

Di sekitar fasilitas tersebut juga akan dilengkapi dengan ruang tindakan, ruang penyimpanan mobile rontgen, ruang laboratorium, dapur, renovasi bangunan eksisting untuk bangunan penunjang.

Fasilitas lain yang berada di Zona B adalah laboratorium, ruang sterilisasi, GWT, Central Gas Medik, instalasi jenazah, landasan helikopter (helipad), dan zona utilitas.

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto (tengah), Menteri PUPR Basuki Hadimuljono (kedua kiri) dan Kapolri Jenderal Pol Idham Azis (kedua kanan) meninjau progres pembangunan rumah sakit khusus Corona (COVID-19) di Pulau Galang, Batam, Kepulauan Riau, Rabu (25/3/2020). Progres pembangunan rumah sakit Khusus Corona (COVID-19) secara keseluruhan telah mencapai 78 persen dan ditargetkan selesai dan siap untuk digunakan pada 28 Maret 2020.ANTARA FOTO/M N KANWA Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto (tengah), Menteri PUPR Basuki Hadimuljono (kedua kiri) dan Kapolri Jenderal Pol Idham Azis (kedua kanan) meninjau progres pembangunan rumah sakit khusus Corona (COVID-19) di Pulau Galang, Batam, Kepulauan Riau, Rabu (25/3/2020). Progres pembangunan rumah sakit Khusus Corona (COVID-19) secara keseluruhan telah mencapai 78 persen dan ditargetkan selesai dan siap untuk digunakan pada 28 Maret 2020.
Lalu fasilitas air bersih, air limbah, drainase, sampah, dan utilitas lainnya, serta ruang alat kesehatan ruang isolasi dan observasi.

Kemudian terdapat Zona C yang bisa digunakan sesuai kebutuhan. Seluruh konstruksi di fasilitas ini dikerjakan oleh PT Waskita Karya (Persero) Tbk dan PT Wijaya Karya (Persero) Tbk, sedangkan konsultan Manajemen Konstruksi adalah PT Virama Karya.

Tak hanya membangun fasilitas penampungan saja, Kementerian PUPR juga membangun instalasi pengolahan air (IPA) yang bersumber dari Waduk Monggang Rempak. Pembangunan ini dilakukan guna menunjang fasilitas tersebut.

Baca juga: Pemasangan Jaringan Pipa Transmisi di Pulau Galang Rampung

Saat ini, pemasangan jaringan pipa transmisi air baku dari Waduk Monggang Rempang menuju Embung Camp Vietnam sepanjang 13,85 kilometer telah selesai.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com