Bakal Terintegrasi MRT, Sport Center Sumut Dibangun 14 Agustus

Kompas.com - 12/08/2020, 21:06 WIB
Gubernur Sumut Edy Rahmayadi bersama Menteri ATR Sofyan Djalil meninjau lokasi pembangunan sport centre di Desa Sena, Kecamatan Batangkuis, Kabupaten Deliserdang, Rabu (29/7/2020) Dok: Biro Humas dan Keprotokolan Setda Provinsi SumutGubernur Sumut Edy Rahmayadi bersama Menteri ATR Sofyan Djalil meninjau lokasi pembangunan sport centre di Desa Sena, Kecamatan Batangkuis, Kabupaten Deliserdang, Rabu (29/7/2020)

MEDAN, KOMPAS.com - Pembangunan kawasan sport center yang diproyeksikan menjadi ikon baru Provinsi Sumatera Utara (Sumut) akan dimulai dengan peletakan batu pertama pada Jumat, 14 Agustus 2020.

Gubernur Sumut Edy Rahmayadi dijadwalkan memimpin prosesi seremoni ground breaking proyek ini.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Sumut Baharuddin Siagian menuturkan, kawasan sport center menempati area seluas 300 hektar di Kecamatan Batangkuis, Deliserdang.

Seluas 200 hektar di antaranya dimanfaatkan untuk sport center, dan 100 hektar sisanya akan dibangun sebagai pusat bisnis, dan fasilitas umum lainnya seperti rumah sakit bertaraf internasional, taman botani, taman rekreasi, sekolah, pendidikan keolahragaan dan lainnya.

Baca juga: Pasar Tikung, Hybrid Market Pertama di Indonesia

"Akhirnya setelah melalui proses panjang, mulai dari pengadaan lahan, studi kelayakan dan penyusunan master plan, kita groundbreaking," kata Bahar, Rabu (12/8/2020).

Menurut Bahar, pembangunan kawasan ini bukan hanya karena Sumut hendak menjadi tuan rumah PON 2024, namun banyak manfaat jangka panjang yang akan diperoleh.

Pemprov Sumut ingin menjadikan kawasan ini sebagai kota baru karena lokasinya strategis, dekat dengan Bandara Internasional Kualanamu sehingga bisa menjadi persinggahan dan menghidupkan perekonomian. 

Sport center ini akan berisi venue-venue cabang olahraga dengan stadion utama berkapasitas 75.000 penonton yang berdesain mengacu pada konsep kelapa sawit.

Sementara pusat bisnisnya akan dilengkapi dengan mal dan hotel.

Untuk diketahui, lokasi pengembangan kawasan sport center ini telah dikunjungi oleh Gubernur Sumut Edy Rahmayadi dan Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Sofyan A Djalil.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X