Libur Idul Adha, 546.436 Kendaraan Diprediksi Meninggalkan Jakarta

Kompas.com - 30/07/2020, 16:07 WIB
Jumlah ini mengalami peningkatan 2,68 persen jika dibandingkan dengan lalu lintas normal. Dok. Jasa MargaJumlah ini mengalami peningkatan 2,68 persen jika dibandingkan dengan lalu lintas normal.

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Jasa Marga (Persero) Tbk memprediksi 546.436 kendaraan  meninggalkan Jakarta selama periode libur panjang Hari Raya Idul Adha 1441 H pada Kamis (30/7/2020) hingga Minggu (2/8/2020).

Jumlah ini mengalami peningkatan 2,68 persen jika dibandingkan dengan lalu lintas normal.

Adapun puncak penungkatan arus lalu lintas kendaraan yang meninggalkan Jakarta diperkirakan terjadi pada Kamis.

Operation Management & Maintenance Group Head Jasa Marga Pratomo Bimawan Putra mengatakan, prediksi tersebut merupakan angka kumulatif lalu lintas dari beberapa gerbang tol (GT) yaitu GT Cikupa (arah Barat), GT Ciawi (arah Selatan) serta GT Cikampek Utama & GT Kalihurip Utama (arah Timur).

Baca juga: Jasa Marga Dukung Penerapan Sistem Transaksi MLFF, Asal E-TLE Dijalankan

Pratomo menambahkan, dari seluruh GT yang ada, distribusi lalu lintas mayoriitas mengarah ke timur dengan persentase 45,9 persen.

Sementara lalu lintas ke arah selatan diprediksi sebesar 24,9 persen dan 29,2 persen diproyeksi mengarah ke barat.

Dengan adanya peningkatan lalu lintas tersebut, Pratomo mengungkapkan Jasa marga menyiapkan operasi optimal di GT, lajur, maupun tempat istirahat dengan menerapakan protokol kesehatan.

"Setidaknya ada empat jenis peningkatan layanan yang kami lakukan. Yang pertama adalah peningkatan layanan transaksi, yaitu meningkatkan kapasitas transaksi di semua GT Barrier dengan menyiapkan mobile reader dan memastikan semua gardu transaksi beroperasi penuh," kata Pratomo melalui keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Kamis.

Kemudian, Jasa Marga akan menyiagakan petugas di lokas rawan kepadatan dan berkoordinasi dengan kepolisian untuk melakukan rekayasa lalu lintas serta pemasangan CCTV speed camera.

Selain itu, Jasa Marga juga meningkatkan layanan konstruksi dengan melakukan pelebaran jalur pertemuan Jalan Tol Jakarta-Cikampek bawah dan Jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek arah Cikampek di KM 48+195 sampai KM 51+100 dan arah Jakarta di KM 49+700 sampa KM 48+050.

Baca juga: Statement Perdana Dirut Baru Jasa Marga, Efisiensi dan Genjot Profit

Halaman:


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X