Beli versus Ngontrak Rumah, Mana Lebih Menguntungkan?

Kompas.com - 23/04/2021, 16:00 WIB
Ilustrasi rumah. Dok. Pusat Pengelolaan Dana Pembiayaan Perumahan (PPDPP) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Ilustrasi rumah.

JAKARTA, KOMPAS.com - Belum lama ini, sebuah utas soal menyewa tempat tinggal dinilai lebih menguntungkan dibandingkan beli rumah menjadi viral di media sosial Twitter.

Dalam unggahannya, akun @inge_august menceritakan konsep mencicil rumah per bulan, kemudian mendapatkan rumah itu cukup menyesatkan.

"Karena kalo lo beli rumah, bukan soal harga rumahnya aja yg harus lo bayarin. Biaya tetek bengek surat2 dan KPR-nya aja bisa 10% dari harga rumahnya. Dan lo juga harus berkutat dengan bunga bank tiap bulannya yg bikin deg2an," cuit @inge_august

Menurut dia, seharusnya rumah dengan harga Rp 1 miliar tidak dikenakan Pajak Pertambahan Nilai (PPN) dan biaya pendamping cicilan rumah ditiadakan.

Baca juga: Pindah Rumah di Perkotaan, Siap-siap Hadapi 6 Masalah Berikut Ini

Selain itu, kata Inge, alangkah baiknya bagi rumah di bawah Rp 1 miliar dikenakan bunga bank lebih kecil dibandingkan di atas Rp 1 miliar.

Atas cuitan tersebut, banyak warganet yang sependapat dan tak sedikit juga yang kontra dengan Inge.

"Anggaplah kita memulai KPR di usia 30 dan beres paling lama di usia 50 tahun, setelah itu selesai. Sedangkan sewa rumah? Setelah di usia 50 tahun, kita akan tetap bayar sewa. Biaya akan makin membengkak, dan jika sudah pensiun, dari mana uang untuk bayar sewa didapat?" cuit @Greschinov

Lain halnya dengan akun Twitter @meeeeeeeeell_, dia mencuit "Dan skrg jaman terbalik, ketika pinjam bank/ ngambil KPR di wajarkan & org yg gngelakuin itu dinyinyirin Upside-down face pdhl byk alasan knp gw g ngambil KPR/pinjam bank, tp menurut mereka yg gw lakuin itu salah dg alibi “mumpung masih muda/ mumpung masih murah (harga KPR/ cicilan bank” hahah".

Hingga berita ini diturunkan, cuitan tersebut telah dicuit ulang 4.571 dan mendapatkan 21.400 jempol warganet.

Menurut Lead Financial Trainer QM Financial Ligwina Hananto, membeli atau sewa rumah  tergantung pada kondisi finansial masing-masing orang. 

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X