Pemkot Kupang Bangun Tiang Lampu di Atas Trotoar, BPJN: Cabut Segera

Kompas.com - 12/11/2020, 19:11 WIB
Pemerintah Kota Kupang Bangun Penerang Jalan Umum di atas trotoar Jalan El Tari, Kupang. Sigiranus Marutho Bere/Kompas.comPemerintah Kota Kupang Bangun Penerang Jalan Umum di atas trotoar Jalan El Tari, Kupang.

KUPANG, KOMPAS.com - Pemerintah Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT), membangun tiang untuk lampu penerangan jalan umum (PJU) di atas trotoar di sejumlah ruas jalan.

Namun, pembangunan PJU ini menuai protes dari sejumlah kalangan. Termasuk Balai Pelaksanaan Jalan Nasional ( BPJN) NTT yang langsung bereaksi dengan meminta agar tiang tersebut segera dicabut dan dipindahkan.

"Kemarin kita sudah bersurat ke Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kota Kupang, agar tiang yang berada di trotoar segera dicabut," tegas Kepala BPJN NTT Muktar Napitupulu kepada Kompas.com melalui sambungan telepon, Kamis (12/11/2020).

Selain bersurat, Muktar juga mengirim pesan singkat kepada Wali Kota Kupang dan menyatakan keberatan dengan tiang tersebut.

Baca juga: Diterjang Banjir 3 Meter, Jembatan Darurat di Kota Kupang Putus

Menurut Muktar, pemasangan tiang PJU mestinya di pinggir trotoar dekat kansteen.

"Tidak boleh di tengah trotoar, karena menghambat dan mengganggu pejalan kaki," ujar Muktar.

Dia mengungkapkan, pada 13 Agustus 2020 lalu, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kota Kupang telah bersurat ke BPJN NTT untuk persetujuan prinsip pemasangan lampu hias jembatan dan lampu PJU Kota Kupang.

Pemerintah Kota Kupang Bangun Penerang Jalan Umum di atas trotoar Jalan El Tari, Kupang.Sigiranus Marutho Bere/Kompas.com Pemerintah Kota Kupang Bangun Penerang Jalan Umum di atas trotoar Jalan El Tari, Kupang.
BPJN menyetujui dengan catatan, dalam pelaksanaan pemasangan dan penempatan PJU tersebut harus sesuai dengan ketentuan-ketentuan yang berlaku.

Namun pada pelaksanaannya, PJU-PJU tersebut justru dipasang di tengah-tengah jalur pedestrian, sehingga perlu dilakukan perbaikan atau pemindahan.

Karena keberadaannya tidak sesuai dengan persetujuan prinsip BPJN NTT terutama terkait dengan pemasangan tiang lampu di tepi terluar trotoar.

"Kami berharap, tiang tersebut segera dipindahkan sehingga tidak merugikan para pejalan kaki," ujar dia.

Sementara itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kota Kupang Benyamin Ndapamerang mengaku masih berkoordinasi dengan sejumlah pihak untuk menyelesaikan hal itu.

"Kita masih berkoordinasi dengan PPK dan kontraktornya ya," ujar Benyamin singkat. 



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X