Mengintegrasikan Jakarta dalam Sebuah Peta

Kompas.com - 26/10/2020, 19:32 WIB
Founder Forum Diskusi Transportuji Jakarta (FDTJ) Adriansyah Yasin Sulaeman Adriansyah Yasin SulaemanFounder Forum Diskusi Transportuji Jakarta (FDTJ) Adriansyah Yasin Sulaeman

JAKARTA, KOMPAS.com - "An advanced city is not a place where the poor move about in cars, rather it's where even the rich use public transportation". 

Anda mungkin familiar dengan ungkapan yang dilontarkan Enrique Peñalosa ini. Dia merupakan Wali Kota Bogotá, Kolombia, kurun 1998-2001.

Menurutnya, indikator kemajuan sebuah kota bukan semata terletak pada kehidupan ekonomi, melainkan juga transportasi publik yang mudah diakses oleh semua kalangan dengan aman, dan nyaman.

Nah, Jakarta sebagai barometer kota-kota di Indonesia, seyogianya mencontohkan pengembangan sistem transportasi publik yang tidak hanya aman dan nyaman, juga terintegrasi satu sama lain.

Baca juga: FDTJ Pembuat Signage dan Wayfinding di 4 Stasiun Terpadu Jakarta

Sistem bus rapid transit (BRT) harus diintegrasikan secara terpadu dengan sistem light rail transit (LRT), commuter line (CL), mass rapid transit (MRT), maupun kereta jarak jauh.

Selama ini, untuk menjangkau satu destinasi saja masih dirasa cukup sulit karena terkendala berbagai faktor.

Peta Integrasi Transportasi Umum JakartaFDTJ Peta Integrasi Transportasi Umum Jakarta
Faktor tersebut terutama adalah minimnya way findings atau petunjuk arah yang memudahkan warganya untuk bepergian dari satu destinasi ke destinasi lainnya.

Seperti yang dialami eksekutif muda, Anantara Yogatama, yang tinggal di Cibubur Country, Cikeas, Kabupaten Bogor, kepada Kompas.com, Minggu (25/10/2020).

"Saya tidak pernah percaya diri, meski setiap hari ulang-alik ke Jakarta. Saya selalu bertanya pada kawan, setelah naik Transjakarta Cibubur-Cawang, lantas naik apalagi untuk sampai di tempat meeting dengan klien yang berbeda-beda," ujar Anantara.

Karena informasi yang dirasanya minim itulah, Anantara kemudian kembali beralih menggunakan kendaraan pribadi. 

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X