Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 24/10/2020, 20:31 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) bersama badan usaha jalan tol (BUJT) memastikan penyelesaikan konstruksi enam tol baru di kawasan metropolitan Jabodetabek.

Saat ini enam ruas tol tersebut telah memasuki tahap akhir pembangunan untuk segera dioperasikan dan siap diresmikan pada bulan November dan Desember 2020.

Keenam ruas tol tersebut adalah Jalan Tol Cimanggis-Cibitung Seksi 1A (Cimanggis–Jatikarya), Tol Cinere-Serpong Seksi 1 (SS Serpong-SS Pamulang), dan Tol Bogor Ring Road Seksi 3A (Simpang Yasmin-Kayu Manis).

Kemudian Tol Cengkareng-Kunciran, Tol Cibitung-Cilincing Seksi 1 (Cibitung-Gabus Indah), dan Tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu Seksi 1 (Koneksi Toll to Toll Wiyoto Wiyono + On Ramp Pasar Gembrong) dan Seksi 2A (Jaka Sampurna-Kayuringin).

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, kehadiran jalan tol yang terhubung dengan kawasan-kawasan produktif dapat mengurangi biaya logistik dan meningkatkan daya saing Indonesia untuk menarik investasi.

Baca juga: November 2020, dari Serpong ke Pamulang Bisa Lewat Tol

Jalan Tol Cimanggis-Cibitung Seksi 1A (Cimanggis-Jatikarya) dirancang sepanjang 3,17 kilometer dengan pogres konstruksi mencapai 99 persen dan telah dilakukan perbaikan-perbaikan setelah Uji Laik Fungsi (ULF).

"ULF dilaksanakan oleh tim evaluasi yang terdiri dari unsur Kementerian PUPR, Kementerian Perhubungan, dan Korps Lalu Lintas Kepolisian Republik Indonesia," kata Basuki seperti dikutip Kompas.com, Sabtu (24/10/2020).

Tol Cinere-Serpong siap dioperasikan secara fungsional jelang Libur Natal 2020 dan Tahun Baru 2021. Tampak dalam gambar Simpang Susun Pamulang.Jasa Marga Tol Cinere-Serpong siap dioperasikan secara fungsional jelang Libur Natal 2020 dan Tahun Baru 2021. Tampak dalam gambar Simpang Susun Pamulang.
Sementara Ruas Tol Serpong-Cinere Seksi 1 ruas Serpong IC-Pamulang IC sepanjang 6,5 kilometer yang ditargetkan selesai November 2020 merupakan bagian dari jaringan jalan tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) II.

Jalan tol ini dibangun guna mendistribusikan beban lalu lintas dan menambah kapasitas jalan pada metropolitan Jakarta.

Selanjutnya Tol Bogor Ring Road (BORR) Seksi 3A (Simpang Yasmin-Kayu Manis) sepanjang 3 kilometer telah melalui tahapan Uji Statis dan Uji Dinamis menggunakan kendaraan berat jenis truk.

Uji statis dan dinamis ini untuk mendapatkan hasil konsisten dan mengetahui kualitas kekuatan jembatan pada tol dengan konstruksi overpass tersebut.

Baca juga: Tol Cinere-Serpong dan Cengkareng-Kunciran Siap Difungsikan Saat Nataru

Seksi Simpang Yasmin-Kayu Manis merupakan bagian dari Jalan Tol BORR yang dikelola oleh PT Marga Sarana Jabar dengan total panjang 11,45 kilometer.

Tol Bogor Ring Road terbagi menjadi 3 seksi, yaitu Seksi I Sentul Selatan-Kedung Halang telah dioperasikan pada 2009, Seksi IIA Kedung Halang-Kedung Badak diresmikan pada 2014, dan Seksi IIB Kedung Badak-Simpang Yasmin telah diresmikan pada 2018 dengan total 8,45 kilometer.

Kemudian dilanjutkan Seksi IIIA Simpang Yasmin-Kayu Manis sepanjang 3 kilometer.

Adapun Jalan Tol Cengkareng-Kunciran sepanjang 14,19 kilometer siap diresmikan pada minggu ke-4 Desember 2020.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com