6 Ruas Tol Baru Jabodetabek Siap Beroperasi Akhir 2020

Kompas.com - 24/10/2020, 20:31 WIB
Proyek Jalan Tol Cibitung-Cilincing (JTCC) diproyeksikan akan selesai dan bisa dioperasikan pada 2020 mendatang. KOMPAS.COM/MURTI ALI LINGGAProyek Jalan Tol Cibitung-Cilincing (JTCC) diproyeksikan akan selesai dan bisa dioperasikan pada 2020 mendatang.

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) bersama badan usaha jalan tol ( BUJT) memastikan penyelesaikan konstruksi enam tol baru di kawasan metropolitan Jabodetabek.

Saat ini enam ruas tol tersebut telah memasuki tahap akhir pembangunan untuk segera dioperasikan dan siap diresmikan pada bulan November dan Desember 2020.

Keenam ruas tol tersebut adalah Jalan Tol Cimanggis-Cibitung Seksi 1A (Cimanggis–Jatikarya), Tol Cinere-Serpong Seksi 1 (SS Serpong-SS Pamulang), dan Tol Bogor Ring Road Seksi 3A (Simpang Yasmin-Kayu Manis).

Kemudian Tol Cengkareng-Kunciran, Tol Cibitung-Cilincing Seksi 1 (Cibitung-Gabus Indah), dan Tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu Seksi 1 (Koneksi Toll to Toll Wiyoto Wiyono + On Ramp Pasar Gembrong) dan Seksi 2A (Jaka Sampurna-Kayuringin).

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, kehadiran jalan tol yang terhubung dengan kawasan-kawasan produktif dapat mengurangi biaya logistik dan meningkatkan daya saing Indonesia untuk menarik investasi.

Baca juga: November 2020, dari Serpong ke Pamulang Bisa Lewat Tol

Jalan Tol Cimanggis-Cibitung Seksi 1A (Cimanggis-Jatikarya) dirancang sepanjang 3,17 kilometer dengan pogres konstruksi mencapai 99 persen dan telah dilakukan perbaikan-perbaikan setelah Uji Laik Fungsi (ULF).

"ULF dilaksanakan oleh tim evaluasi yang terdiri dari unsur Kementerian PUPR, Kementerian Perhubungan, dan Korps Lalu Lintas Kepolisian Republik Indonesia," kata Basuki seperti dikutip Kompas.com, Sabtu (24/10/2020).

Tol Cinere-Serpong siap dioperasikan secara fungsional jelang Libur Natal 2020 dan Tahun Baru 2021. Tampak dalam gambar Simpang Susun Pamulang.Jasa Marga Tol Cinere-Serpong siap dioperasikan secara fungsional jelang Libur Natal 2020 dan Tahun Baru 2021. Tampak dalam gambar Simpang Susun Pamulang.
Sementara Ruas Tol Serpong-Cinere Seksi 1 ruas Serpong IC-Pamulang IC sepanjang 6,5 kilometer yang ditargetkan selesai November 2020 merupakan bagian dari jaringan jalan tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) II.

Jalan tol ini dibangun guna mendistribusikan beban lalu lintas dan menambah kapasitas jalan pada metropolitan Jakarta.

Selanjutnya Tol Bogor Ring Road (BORR) Seksi 3A (Simpang Yasmin-Kayu Manis) sepanjang 3 kilometer telah melalui tahapan Uji Statis dan Uji Dinamis menggunakan kendaraan berat jenis truk.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X