Meski PSBB Transisi, Resesi Ekonomi Bikin Mal Tetap Sepi

Kompas.com - 13/10/2020, 14:44 WIB
Ilustrasi mal ShutterstockIlustrasi mal

JAKARTA, KOMPAS.com - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan telah mengubah status pembatasan sosial berskala besar (PSBB) tahap II atau PSBB pengetatan menjadi PSBB transisi.

PSBB masa transisi ini akan berlangsung selama dua minggu, yakni mulai Senin (12/10/2020) hingga Minggu (25/10/2020).

Meski pembatasan dilonggarkan, tidak serta-merta dapat memulihkan aktivitas trafik dan transaksi berbelanja di pusat belanja.

Hal ini karena ekonomi Indonesia tengah mengalami resesi pada kuartal III-2020 yang dipicu pandemi Covid-19.

Baca juga: Jakarta PSBB, Pengunjung Lari ke Mal Pinggiran

Senior Associate Director Retail Services Colliers International Indonesia Sander Halsema mengatakan, resesi sangat jelas memengaruhi kepercayaan konsumen.

" Konsumen cenderung menetapkan prioritas yang lebih ketat dan mengurangi pengeluaran mereka secara keseluruhan," kata Sander dalam laporannya yang diterima Kompas.com, Selasa (13/10/2020).

Dengan demikian, hal ini berdampak negatif pada sektor ritel.

Sander melanjutkan, pandemi Covid-19 telah mengancam sektor ritel begitu dalam yang ditandai dengan penjualan yang menurun sangat drastis.

Namun demikian, tak dapat dimungkiri, tak semua konsumen memiliki respons dan kebiasaan belanja yang sama selama masa sulit tersebut.

Oleh karena itu, peritel perlu memahami secara mendalam seperti apa pengalaman berbelanja mereka.

Baca juga: Kunjungan Mal Anjlok hingga 10 Persen, Ini Penyebabnya

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X