Tol Cimanggis-Cibitung Dukung Pertumbuhan Aglomerasi Megapolitan Jakarta

Kompas.com - 12/10/2020, 20:35 WIB
Jalan Tol Cimanggis-Cibitung sepanjang 26,18 kilometer dibangun untuk melengkapi struktur jaringan jalan di kawasan Jabodetabek.
Kementerian PUPRJalan Tol Cimanggis-Cibitung sepanjang 26,18 kilometer dibangun untuk melengkapi struktur jaringan jalan di kawasan Jabodetabek.

JAKARTA, KOMPAS.com - Tak lama lagi struktur jaringan jalan tol di kawasan Jabodetabek yang mencakup Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) I dan II akan tersambung dan beroperasi.

Ini artinya, lalu lintas dan waktu perjalanan dapat terpangkas menjadi lebih singkat, sekaligus meningkatkan pertumbuhan ekonomi pada aglomerasi megapolitan Jakarta.

Salah satu bagian dari jaringan ini adalah Jalan Tol Cimanggis-Cibitung sepanjang 26,18 kilometer yang sedang dalam proses konstruksi.

Sebagai bagian dari jaringan Tol JORR II, jalan bebas hambatan yang dikelola oleh PT Cimanggis Cibitung Tollways ini terbagi dalam dua seksi.

Seksi 1A mencakup ruas Junction Cimanggis-On/Off Ramp Jatikarya/Transyogi sepanjang 3,17 kilometer.

Baca juga: Masuk Proses Uji Laik Fungsi, Tol Cimanggis-Cibitung Operasi Akhir Agustus

Kepala Biro Komunikasi Publik Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Endra S Atmawidjaja menuturkan, progres pembangunan Seksi 1A mencapai 99 persen.

"Selain itu, telah dilakukan perbaikan-perbaikan setelah Uji Laik Fungsi (ULF) yang dilaksanakan oleh tim evaluasi dari unsur Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Kementerian Perhubungan, dan Korps Lalu Lintas Kepolisian Republik Indonesia," tutur Endra, Senin (12/10/2020).

Sedangkan untuk Seksi 2 ruas On/Off Ramp Jatikarya-Junction Cibitung sepanjang 23,01 kilometer telah mencapai 73,2 persen konstruksi fisiknya dan ditargetkan tuntas pada Maret 2021.

Menurut Endra, Jalan Tol Cimanggis-Cibitung merupakan salah satu akses yang sangat ditunggu-tunggu oleh masyarakat.

Setelah pembangunan enam ruas jalan tol yang terintegrasi dengan Tol JORR II rampung, diharapkan dapat menjadi solusi dalam mengatasi kemacetan di Tol JORR I yang sudah lebih dulu beroperasi.

Kehadiran Jalan Tol Cimanggis-Cibitung memberikan peran penting dalam mendukung jalur logistik menuju ke kawasan industri.

Endra menjelaskan, Ruas Tol Cimanggis-Cibitung dibangun dua arah dan masing-masing arah terdiri dari 3 lajur dengan menggunakan jenis perkerasan beton (rigid pavement).

Jalan Tol Cimanggis-Cibitung merupakan bagian dari 6 ruas Jalan Tol JORR 2, yang terdiri dari Jalan Tol Cengkareng-Batu Ceper-Kunciran (14,2 kilometer), dan Jalan Tol Kunciran-Serpong (11,4 kilometer).

Kemudian, Jalan Tol Serpong-Cinere (10,1 kilometer), Jalan Tol Cinere-Jagorawi (14,6 kilometer), Jalan Tol Cimanggis-Cibitung (25,2 kilometer), dan Jalan Tol Cibitung-Cilincing (34 kiometer).



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X