Tahun 2021, Eksekusi Pembebasan Lahan Tol Kertosono-Kediri Dimulai

Kompas.com - 23/09/2020, 10:00 WIB
Ilustrasi jalan tol. Dok. PT Jasa Marga (Persero) TbkIlustrasi jalan tol.

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Jasamarga Ngawi Kertosono Kediri (JNK) akan memulai pembebasan lahan Jalan Tol Kertosono-Kediri pada awal tahun 2021.

Saat ini, pembangunan jalan tol tersebut telah memasuki pengajuan penetapan lokasi ( penlok) dari Gubernur Jawa Timur.

Direktur Utama PT JNK Arie Irianto mengatakan, pihaknya telah mendapatkan persetujuan tinjauan Right of Way (ROW) pada Agustus silam. 

"Setelah penlok selesai, kami akan kejar persetujuan Rencana Teknik Akhir (RTA) yang dilanjutkan dengan proses pembebasan lahan," ungkap Arie dalam siaran pers, Rabu (23/9/2020).

Jalan Tol Kertosono-Kediri merupakan perpanjangan Jalan Tol Ngawi-Kertosono. Persetujuan penambahan ruang lingkup tersebut telah dipastikan dalam adendum Perjanjian Pengusahaan Jalan Tol ( PPJT) tahun lalu.

Baca juga: Astra Resmi Garap Tol Akses Bandara Internasional Jawa Barat Kertajati

Rencananya, Jalan Tol Kertosono-Kediri memiliki total panjang 20,3 kilometer dengan biaya investasi senilai Rp 3,9 triliun.

Jalan tol ini akan dilengkapi dengan satu junction (Kedungsoko) dengan Jalan Tol Ngawi-Kertosono, serta dua interchange yang terletak di Kabupaten Nganjuk dan Kabupaten Kediri.

Selain itu, Jalan Tol Kertosono-Kediri direncanakan akan mempunyai dua Gerbang Tol (GT) yakni, GT Sugihwaras dan GT Kediri.

Arie melanjutkan, Jalan Tol Kertosono-Kediri juga akan terhubung ke Bandara Kediri yang tengah dibangun.

Jalan tol yang terhubung dengan Tol Ngawi-Kertosono ini memiliki keseluruhan total panjang 108 kilometer.

JNK menargetkan, semua tahapan berjalan sesuai dengan target sehingga diharapkan pembangunan fisik Jalan Tol Kertosono-Kediri selesai pada tahun 2023.

"Jika berjalan lancar, maka pelaksanaan konstruksi dapat dimulai pada pertengahan tahun depan dan diharapkan dapat beroperasi secara keseluruhan sesuai target yakni, tahun 2023," tutup Arie.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X