Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Progres Tol Jakarta-Cikampek II Selatan Paket 3 Capai 33 Persen

Kompas.com - 20/09/2020, 09:22 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Jasamarga Japek Selatan (JJS) terus mengerjakan proyek pembangunan Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Selatan.

Saat ini, yang sedang dibangun adalah Paket 3 (Taman Mekar-Sadang) dengan progres konstruksi 33 persen dan pembebasan lahan 78 persen.

Marketing and Communication Department Head Jasamarga Metropolitan Tollroad Irra Susiyanti mengungkapkan hal tersebut kepada Kompas.com, Minggu (20/9/2020).

"Progres tersebut hingga pertengahan September ini," kata Irra.

Irra merinci, salah satu upaya pekerjaan yang tengah dilakukan adalah melanjutkan pemasangan gelagar jembatan (erection girder).

Hal ini menyusul penyelesaian pemasangan empat gelagar jembatan pada Ramp 7.

Baca juga: Pemenang Tender Sistem Transaksi Tol Berbasis MLFF Diumumkan 5 Januari 2021

Pekan ini pemasangan akan dilakukan di Ramp 4 KM 76+200 Simpang Susun Sadang yang melintas di atas Jalan Tol Cipularang, di kedua arah.

PT JJS akan melakukan pekerjaan pemasangan gelegar jembatan pada Ramp 4 sebanyak empat gelagar dengan masing-masing gelagar memiliki panjang bentang 40,8 meter.

Pemasangan gelagar akan dilaksanakan selama dua hari yakni Selasa (22/9/2020) dan Rabu (23/9/2020) pada periode window time pukul 01:00-04.00 WIB.

Selama pekerjaan pemasangan girder ini, Jasamarga Metropolitan Tollroad pengelola Jalan Tol Cipularang dan PT JJS bekerja sama dengan Kepolisian akan melakukan rekayasa lalu lintas (lalin) dengan menggunakan detour.

Kendaraan akan dialihkan melalui detour yang telah disediakan di sisi bahu jalan tol pada kedua arah, baik arah Jakarta maupun arah Bandung.

Pengalihan lalu lintas hanya diberlakukan saat pemasangan girder pada Ramp 4 KM 76+200 Jalan Tol Cipularang, dengan rincian titik awal pengalihan lalu lintas (detour) sebagai berikut:

• Arah Jakarta dimulai dari KM 74+650 sampai dengan KM 76+400
• Arah Bandung dimulai pada KM 77+450 sampai dengan KM 75+400

Sementara untuk kendaraan yang menuju Jakarta melewati Gerbang Tol (GT) Sadang, akan dialihkan melalui jalan nasional, untuk kemudian masuk tol kembali di GT Cikopo.

Untuk diketahui, Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Selatan dirancang sepanjang 62 kilometer, dan mencakup tiga paket.

Paket 1 Jatiasih-Setu/JORR W2 dirancang sepanjang 9,3 kilometer, Paket 2 Setu-Taman Mekar sepanjang 24,85 kilometer, dan Paket 3 Taman Mekar-Sadang sepanjang 27,85 kilometer.

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com