Kompas.com - 07/09/2020, 12:30 WIB
Astra Infra secara resmi memulai Pembangunan tol akses Bandara International Jawa Barat Kertajati, Senin (7/9/2020). Astra InfraAstra Infra secara resmi memulai Pembangunan tol akses Bandara International Jawa Barat Kertajati, Senin (7/9/2020).

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Lintas Marga Sedaya (ASTRA Tol Cipali) memulai pembangunan tol akses Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati.

Konstruksi jalan bebas hambatan ini ditandai dengan peletakan batu pertama yang dilaksanakan pada Senin (7/9/2020).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Group CEO ASTRA Infra Djap Tet Fa mengatakan, tol akses BIJB Kertajati terkoneksi dengan Jalan Tol Cikopo-Palimanan yang dimulai dari KM 158+700 dan menghubungkan langsung tol tersebut dengan BIJB Kertajati.

Nantinya Jalan Tol Akses BIJB Kertajati juga akan terhubung dengan Jalan Tol Cisumdawu (Cileunyi-Sumedang-Dawuan) yang menghubungkan Kota Bandung dan wilayah sekitarnya.

Jalan berbayar ini dibangun dengan panjang 3,7 kilometer dengan lebar lajur 3,6 meter dan memiliki empat buah lajur untuk dua arah.

Baca juga: Tinggal Selangkah, Bandara Kertajati Bisa Dijangkau dari Dua Akses

Pembangunan tol ini disebut akan mempermudah konektivitas dan memberikan dampak perekonomian bagi masyarakat sekitar.

"Pembangunan tol akses Kertajati ini juga akan melengkapi keberadaan BIJB Kertajati yang merupakan kebanggan Jawa Barat dan Majalengk pada khususnya," ujar Djap Tet Fa melalui keterangan tertulis kepada Kompas.com.

Dia menambahkan, proses konstruksi tol akses BIJB Kertajati diprediksi akan berlangsung selama 12 bulan. Dengan demikian, jalan ini diharapkan dapat beroperasi pada November 2021.

"Namun diharapkan pada bulan Juli 2021 dapat digunakan untuk uji coba fungsi dan laik operasi oleh Kementerian PUPR untuk keberangkatan jemaah haji Provinsi Jawa Barat yang berpusat di BIJB Kertajati," ucap Djap Tet Fa.

Pembangunan tol ini menelan biaya Rp 692 miliar yang didukung oleh Kreditur Sindikasi yang
dipimpin oleh PT Bank Central Asia Tbk dengan anggota PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero), PT Bank Panin Tbk, PT Bank Mandiri (Persero) Tbk, PT Indonesia Infrastructure Finance, BPD Jabar dan Banten, Bank DKI dan Bank ICBC Indonesia.

Baca juga: Ada Salim, Saratoga, dan Astra di Tiga Proyek Jalan Tol Baru

Adapun konstruksinya dilakukan oleh Project Management Consultant ASTRA Infra Solutions beserta kontraktor pelaksana PT Acset Indonusa Tbk dan PT Pembangunan Perumahan (Persero) Tbk. dengan konsultan supervisi PT Mitrapacific Consulindo International dan konsultan pengendalian mutu independen PT Eskapindo Matra.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.