Bakal Lewati Target, Penyaluran Dana FLPP Tembus Rp 8,98 Triliun

Kompas.com - 12/09/2020, 16:35 WIB
Ilustrasi perumahan. Dok. Pusat Pengelolaan Dana Pembiayaan Perumahan (PPDPP) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).Ilustrasi perumahan.

JAKARTA, KOMPAS.com - Pusat Pengelolaan Dana Pembiayaan Perumahan ( PPDPP) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah menyalurkan dana Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP) sebanyak 88.252 unit atau senilai Rp 8,98 triliun per Jumat (11/9/2020).

Dana FLPP tersebut telah terserap sebanyak 86,10 persen dari target tahun ini atau telah membiayai sebanyak 102.500 unit rumah yang telah ditetapkan oleh Pemerintah.

Sehingga, total penyaluran dana FLPP dari tahun 2010 hingga 2020 telah membiayai sebanyak 743.854 unit senilai Rp 53,35 triliun.

Direktur Utama PPDPP Arief Sabaruddin mengatakan, sesuai dengan Perjanjian Kerja Sama (PKS), idealnya Bank Pelaksana yang ada per September ini telah menyalurkan dana minimal 70 persen.

“Pertengahan Oktober ini kami akan segera melakukan evaluasi kinerja Bank Pelaksana untuk Triwulan-III tahun 2020,” kata Arief dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Jumat (11/9/2020).

Evaluasi triwulan ketiga tersebut akan dilakukan pada pertengahan Oktober dalam rangka menyalurkan FLPP secara maksimal kepada Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR).

Jika ada bank pelaksana yang masih belum optimal dalam menyalurkan dana FLPP, dapat dialihkan kuotanya kepada bank pelaksana yang lebih optimal.

Baca juga: Akhir Agustus, Realisasi Penyaluran FLPP Rp 8,71 Triliun

Sehingga, dana FLPP dapat disalurkan dengan tepat, cepat dan sesuai dengan aturan yang ada.

Berdasarkan data penyaluran dana FLPP periode yang sama, per Jumat (11/9/2020), terdapat 28 Bank Pelaksana (terdiri dari 7 Bank Nasional dan 21 Bank Pembangunan Daerah) yang berada di atas 70 persen.

“Posisi tersebut ideal untuk Bank Pelaksana sehingga penyaluran dana FLPP ini lebih cepat dan tepat sesuai dengan kesepakatan yang ada,” lanjut Arief.

Halaman:


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X