Akhir Agustus, Realisasi Penyaluran FLPP Rp 8,71 Triliun

Kompas.com - 01/09/2020, 12:00 WIB
Ilustrasi rumah Dok. Kementerian PUPRIlustrasi rumah

JAKARTA, KOMPAS.com - Realisasi penyaluran dana Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP) hingga Senin (31/8/2020) mencapai Rp 8,71 triliun. Anggaran tersebut digunakan untuk membiayai 85.712 unit rumah.

Dengan demikian, total penyaluran dana dari tahun 2010-2020 mencapai Rp 53,08 triliun untuk membiayai 741.3114 unit rumah.

Direktur Utama Pusat Pengelolaan Dana Pembiayaan Perumahan (PPDPP) Kementerian Pekerjaan Umum dan Permahan Rakyat (PUPR) Arief Sabaruddin hingga Senin, sebanyak 213.773 calon debitur sudah mengakses aplikasi Sistem Informasi KPR Subsidi Perumahan alias SiKasep.

Baca juga: Jumat Ini, Realisasi Penyaluran FLPP Capai Rp 8,54 Triliun

Dari jumlah tersebut, sebanyak 86.377 calon debitur sudah dinyatakan lolos subsidi checking. Sementara 11.422 calon debitur sudah masuk dalam proses verifikasi bank pelaksana FLPP.

"Sebanyak 262 lainnya telah masuk dalam proses pengajuan dana FLPP," kata Arief dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com.

Guna meningkatkan layanan aplikasi perumahan, PPDPP Kementerian PUPR melaksanakan IT Security Assessment (ITSA) dan implementasi digital signature bersama Badan Siber Sandi Negara (BSSN).

Dalam kegiatan ini, BSSN telah melakukan ITSA terhadap tiga aplikasi yang dimiliki oleh PPDPP, yaitu SiKasep, SiKumbang dan website portal PPDPP.

Tak hanya itu, PPDPP juga melaksanakan perjanjian kerja sama dengan Badan Sertifikasi Elektronik (BSrE) dalam rangka penerapan Tanda Tangan Elektronik (TTE).

Baca juga: Subsidi FLPP Masih Tetap Dianggarkan hingga Tahun 2021

Dengan adanya perjanjian ini, maka PPDPP mengelola teknologi a sign time secara mandiri yang bertujuan agar proses digital signature dapat diimplementasikan pada sistem layanan yang diberikan.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X