Akhir 2020, Proyek Akses Tol Alternatif ke Bandara Soekarno-Hatta Tuntas

Kompas.com - 03/09/2020, 21:55 WIB
Progres konstruksi Tol Cengkareng-Batuceper-Kunciran hingga saat ini telah mencapai 86,46 persen Dok. Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPRProgres konstruksi Tol Cengkareng-Batuceper-Kunciran hingga saat ini telah mencapai 86,46 persen

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Jasamarga Kunciran Cengkareng (JKC) menargetkan konstruksi Tol Cengkareng-Batuceper-Kunciran selesai pada akhir tahun 2020.

Progres konstruksi jalan tol yang bisa menjadi akses tol alternatif menuju Bandara Internasional Soekarno-Hatta ini dirancang sepanjang 14,19 kilometer.

Saat ini, perkembangan konstruksi fisik telah mencapai 86,46 persen.

Tol Cengkareng-Batuceper-Kunciran terbagi menjadi empat seksi yakni Seksi I Kunciran-Tirtayasa sepanjang 2,04 kilometer dan Seksi II Tiirtayasa-Benteng Betawi sepanjang 3,52 kilometer.

Baca juga: Beroperasi Akhir Tahun, Pekerjaan Tol Cengkareng-Kunciran Dikebut

Kemudian Seksi III Benteng Betawi-H Sastranegara sepanjang 6,57 kilometer dan Seksi IV H. Sastranegara-SS Benda sepanjang 99,81 kilometer.

Tol Cengkareng-Batuceper-Kunciran ini merupakan satu dari enam ruas Jalan Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) II, yang dibangun sebagai upaya untuk mendukung konektivitas dan mengurangi beban JORR I.

Tol Cengkareng-Batuceper-Kunciran Dok. Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR Tol Cengkareng-Batuceper-Kunciran
Tol tersebut akan tersambung dengan Jalan Tol Serpong-Cinere yang juga terhubung dengan Tol Kunciran-Serpong.

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Danang Parikesit melalui keterangan tertulis kepada Kompas.com, Kamis (3/9/2020) menuturkan, kehadiran Tol JORR II bisa menjadi jalur distribusi logistik dari dan ke kawasan industri sekitar ibu kota.

Baca juga: Proyek Tol Cengkareng-Kunciran Dapat Utang Rp 4 Triliun

Tol JORR II sendiri terbagi menjadi enam ruas yaitu Tol Kunciran-Serpong sepanjang 11,4 kilometer, Jalan Tol Serpong-Cinere sepanjang 10,14 kilometer, Jalan Tol Cinere-Jagorawi sepanjang 14,64 kilometer.

Kemudian Jalan Tol Cimanggis-Cibitung sepanjang 25,39 kilometer, Jalan Tol Cibitung-Cilincing sepanjang 34,02 kilometer, serta Tol Cengkareng-Batuceper-Kunciran.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X