Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jumat, BPJT Sampaikan Rekomendasi Teknis Road Bike Event Jalan Tol ke Menteri PUPR

Kompas.com - 03/09/2020, 17:26 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) akan menyampaikan rekomendasi teknis terkait permohonan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan kepada Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Jumat (4/9/2020) besok.

Hal ini menyusul kajian dan evaluasi pemanfaatan Jalan Tol Lingkar Dalam Jakarta ruas Cawang-Tanjung Priok sisi Barat atau Jakarta Intra Urban Toll Road (JIUT) sebagai lintasan sepeda (road bike).

Kepala BPJT Kementerian PUPR Danang Parikesit menyampaikan hal itu kepada Kompas.com, Kamis (3/9/2020).

"Besok rekomendasi teknis akan disampaikan kepada Menteri PUPR. Jadi tunggu Jumat besok," imbuh Danang.

Baca juga: ATI Tolak Usulan Anies soal Road Bike Event di Jalan Tol

Dalam surat permohonan No 297/-1.792.1 tertanggal 11 Agustus 2020 tersebut, Anies mengusulkan pemanfaatan Jalan Tol Lingkar Dalam Jakarta ruas Cawang-Tanjung Priok sisi Barat atau JIUT sebagai lintasan sepeda (road bike).

Pemanfaatan ruas tol sepanjang 12 kilometer ini akan dilaksanakan selama tiga jam mulai pukul 06.00-09.00 WIB setiap hari Minggu.

Dari hasil Rapat Kick Off Pembahasan Pemanfaatan Ruas Jalan Tol Lingkar Dalam (Cawang-Tanjung Priok) sisi Barat sebagai lintasan Road Bike yang digelar Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Jumat (18/8/2020), rencananya sejumlah 15 Gerbang Tol (GT) JIUT akan ditutup.

Ke-15 GT tersebut termasuk off ramp Pisangan, Jatinegara, Pulomas, Cempaka Putih, Sunter, Simpang Susun Pluit Arah Soekarno Hatta, dan Plumpang. Dengan penutupan GT ini, diperlukan manajemen lalu lintas bagi kendaraan yang mengarah ke Tanjung Priok.

Baca juga: Jalan Tol Harus Kembali kepada Khittahnya

Ada pun manajemen lalu lintas menuju Tanjung Priok yang akan dilakukan berupa pengalihan lalu lintas dari Timur (Jakarta-Cikampek) ke dalam kota (Cawang-Pluit).

Kemudian pengalihan lalu lintas dari Barat (Dalam Kota Cawang-Pluit) ke Jakarta-Cikampek dan masuk kembali ke Tol Lingkar Luar Jakarta (JORR) atau melalui arteri.

Selanjutnya pengalihan lalu lintas dari selatan Tol Jagorawi ke dalam Kota (Cawang-Pluit) dan Tol JORR, serta Sisi Barat Jalan Tol Cawang Plumpang sebagai lokasi road bike akan dibagi menjadi dua lajur dua arah.

Untuk mendukung kelancaran Road Bike Event ini, perlu disiapkan petugas serta prasarana pendukung lainnya.

 

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com