Beroperasi Akhir Tahun, Pekerjaan Tol Cengkareng-Kunciran Dikebut

Kompas.com - 18/06/2020, 22:00 WIB
Progres  Jalan Tol JORR II Ruas Cengkareng-Batuceper-Kunciran dan Ruas Cinere-Serpong Dok. Jasa MargaProgres Jalan Tol JORR II Ruas Cengkareng-Batuceper-Kunciran dan Ruas Cinere-Serpong

JAKARTA, KOMPAS.com - Selama pandemi Covid-19, pembangunan Jalan Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) II, yakni Ruas Cengkareng-Batuceper-Kunciran dan Ruas Tol Cinere-Serpong masih berlangsung.

Direktur Utama PT Jasamarga Kunciran Cengkareng (JKC) Agus Suharjanto menyampaikan, progres konstruksi Jalan Tol Cengkareng-Batuceper-Kunciran hingga 16 Juni 2020 mencapai 83,79 persen.

Sementara progres pembebasan lahannya tembus angka 84,74 persen.

"Pembayaran 67 bidang tanah bisa dilaksanakan pada akhir Bulan Juni 2020 dan sisanya sebanyak 200 bidang tanah harus dilakukan konsinyasi," kata Agus dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Kamis (18/6/2020).

Konstruksi jalan bebas hambatan ini ditargetkan rampung pada Bulan November 2020. Dengan demikian, pada akhir tahun 2020, tol tersebut siap dioperasikan.

Baca juga: Presiden Resmikan Tol JORR 2 Ruas Kunciran-Serpong

Agus menambahkan, Tol Cengkareng-Batuceper-Kunciran terbagi menjadi empat seksi. Seksi I Simpang Susun Kunciran-Underpass Tirtayasa dibangun sepanjang 2,04 kilometer.

Kemudian Seksi II Underpass Tirtayasa-Underpass Benteng Betawi sepanjang 3,52 kilometer dan Seksi III Underpass Benteng Betawi-Underpass husein Sastranegara sepanjang 6,57 kilometer.

Terakhir, Seksi 4 Underpas Husein Sastranegara-Simpang Susun Benda yang dibangun sepanjang 2,05 kilometer.

Ruas Tol Cinere-Serpong

Sementara progres pembangunan Tol JORR II Ruas Cinere-Serpong hingga 16 Juni 2020 mencapai 82,28 persen. Adapun progres pembebasan lahannya berada pada level 91,08 persen.

Direktur Utama PT Cinere Serpong Jaya (CSJ) Ayu Widya Kiswari mengatakan, tol ini dibangun dengan panjang 10,14 kilometer yang terdiri dari dua seksi.

Seksi I yakni Serpong-Pamulang dibangun sepanjang 6,59 kilometer dan Seksi II Pamulang-Cinere sepanjang 3,55 kilometer.

Baca juga: Tol Kunciran-Serpong dan Cinere-Serpong Dibuka Pertengahan 2020

"Ruas Jalan Tol Serpong-Cinere akan melintasi wilayah Serpong (Jombang), Serua, Ciputat, Pamulang, dan Pondok Cabe atau Cinere," ucap Ayu.

Dia menambahkan, jalan bebas hambatan ini nantinya akan terhubung dengan Jalan Tol Serpong-Kunciran yang telah beroperasi lebih dulu.

Tak hanya itu, tol ini juga akan tersambung dengan Jalan Tol Cengkareng-Batuceper-Kunciran.

 



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X