Biayai Proyek Rumah Tapak, Triniti Ubah Penggunaan Dana IPO

Kompas.com - 19/08/2020, 19:15 WIB
Ilustrasi membeli rumah. SHUTTERSTOCK/CHIRAPHANIlustrasi membeli rumah.

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Perintis Triniti Properti Tbk (Triniti) akan fokus pada pengembangan proyek rumah tapak atau landed houses demi menyiasati situasi pasar yang masih sangat menantang akibat Pandemi Covid-19.

Direktur Utama PT Perintis Triniti Properti Ishak Chandra menuturkan, pasar rumah tapak masih sangat potensial, terutama untuk harga serentang Rp 600 juta-Rp 1,2 miliar.

Terlebih di kawasan pinggiran atau sub urban, perbandingannya bisa 4:1. Artinya dari lima orang yang berencana membeli hunian, empat di antaranya memilih opsi rumah tapak.

Sementara hanya satu yang memilih apartemen. Dengan demikian bisa dikatakan pasar rumah tapak empat kali lebih besar ketimbang rumah vertikal.

Tak hanya di kawasan pinggiran, di tengah kota pun rumah tapak masih menjadi favorit dengan komparasi dua kali lebih besar dibanding apartemen.

Baca juga: Bakal Buyback Saham, Triniti Land Siapkan Rp 20 Miliar

"Karena alasan inilah, kami akan fokus memperluas pasar rumah tapak, seraya menyelesaikan proyek-proyek apartemen dan melahirkan produk baru yang sesuai kebutuhan pasar," kata Ishak menjawab Kompas.com, Rabu (19/8/2020).

Untuk mendukung strategi ini, perusahaan mengubah penggunaan dana penawaran umum (IPO) pada Januari 2020 demi membiayai proyek rumah tapak, di antaranya Marc's Boulevard di Batam.

Sebelumnya, Perusahaan mengalokasikan 35 persen dari dana IPO untuk membiayai Collins Boulevard yang dikembangkan anak usaha PT Triniti Menara Serpong (TMS).

Saat ini, proyek apartemen di Serpong itu hanya mendapat jatah sepertiga dari 33 persen pendanaan.

Strategi pendanaan ini ditempuh karena pada 26 Mei 2020, TMS mendapat fasilitas kredit dari PT Bank Pan Indonesia Tbk (Bank Panin) senilai Rp 636 miliar dalam bentuk Pinjaman Rekening Koran (PRK).

 

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X