Dua Bank Pelat Merah Siap Kelola dan Salurkan Tapera

Kompas.com - 17/07/2020, 09:08 WIB
Ilustrasi rumah. Dok. Kementerian PUPRIlustrasi rumah.

JAKARTA, KOMPAS.com - Dua bank pelat merah menyatakan kesiapannya bekerja sama dengan Badan Pengelola Tabungan Perumahan Rakyat (BP Tapera) dalam mengelola maupun menyalurkan dana bagi masyarakat.

Direktur Finance, Planning, & Treasury PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. (BTN) Nixon Napitupulu mengatakan, BP Tapera akan memiliki peran cukup penting dalam pembiayaan perumahan di Indonesia pada masa yang akan datang.

Ini karena, pembiayaan perumahan tidak lagi hanya mengandalkan dana dari pemerintah.

Baca juga: 13,1 Juta Orang Diproyeksikan Menjadi Peserta Tapera

"BP Tapera akan memiliki peran yang cukup penting dalam pembiayaan perumahan subsidi ke depannya. Jadi tidak akan mengandalkan APBN ke depannya," ujar Nixon dalam seminar yang dilaksanakan secara daring, Kamis (16/7/2020).

Untuk itu, Nixon mengatakan, BTN siap membantu BP Tapera untuk mengerahkan dana dari peserta.

Dalam hal ini, BTN menyiapkan diri untuk berinvestasi pada teknologi informasi sehingga dapat digunakan oleh peserta untuk mempermudah pembayaran iuran.

Baca juga: Meski Ada Tapera, Proses Penyediaan Perumahan Tidak Berubah

Bukan itu saja, Nixon menyebut, perusahaan juga mendukung keberadaan Tapera dengan menyiapkan platform digital, produk simpanan, hingga pembiayaan.

Selain itu, dalam skema pemupukan dana yang akan dilakukan oleh BP Tapera, BTN memiliki sejumlah produk yang dapat diandalkan. Selain itu, BTN juga akan menyiapkan produk yang sesuai dengan Tapera.

"Tidak cuma deposito atau giro saja, kami akan menyiapkan produk-produk semacam obligasi, produk sekuritisasi, produk-produk NCD, MTN, dan sebagainya," kata Nixon.

Selanjutnya, Nixon menyebut BTN juga siap untuk menjadi bank penyalur dan akan menyiapkan skema bersama dengan BP Tapera.

Halaman:


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X