[KLARIFIKASI] Kuasa Hukum Cowell: Kreditor yang Mengajukan Pailit

Kompas.com - 14/07/2020, 20:17 WIB
Ilustrasi bangunan. www.shutterstock.comIlustrasi bangunan.

JAKARTA, KOMPAS.com - Kuasa Hukum PT Cowell Development Tbk Jimmy Simanjuntak mengklarifikasi, bahwa PT Cowell Development Tbk tidak mengajukan permohonan pailit keuangan perusahaan melainkan diajukan oleh kreditor yakni, PT Multi Cakra Kencana Abadi.

"Perlu kami luruskan dan klarifikasi PT Cowell Development Tbk tidak mengajukan Permohonan Pailit melainkan diajukan oleh Kreditor," ucap Jimmy dalam surat klarifikasi yang diterima Kompas.com, Selasa (14/7/2020).

Dia menegaskan, pengajuan tersebut dilakukan sebagaimana tertuang dalam Pasal 2 ayat (1) UU Nomor 37 Tahun 2004 tentang Kepailitan dan Penundaan Kewajiban Pembayaran Utang ( PKPU).

Jimmy menjelaskan, debitor yang mempunyai dua atau lebih kreditor dan tidak membayar sedikitnya satu utang yang telah jatuh waktu dan dapat ditagih dan dinyatakan pailit dengan putusan pengadilan, baik atas permohonannya sendiri maupun atas permohonan satu atau lebih kreditornya.

Dalam hal ini, kreditor atas nama PT Multi Cakra Kencana Abadi selaku kreditor yang mengajukan permohonan Pailit di Pengadilan Niaga pada Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Pusat dengan register nomor: 21/Pdt. Sus/Pailit/2020/PN.Niaga.Jkt.Pst.

Baca juga: Cowell di Ambang Pailit, Rapat Kreditor 22 Juli 2020

Selain itu, Jimmy juga menegaskan, kurator tidak menunjuk Hakim Pengawas melainkan Pengadilan Niaga pada Pengadilan Negeri Jakarta Pusat melalui Putusan Pailit yang menunjuk Hakim Pengawas untuk mengawasi setiap proses kepailitan.

Penunjukkan ini sebagaimana dimaksud dalam Pasal 1 ayat (8) UU 37 Tahun 2004 tentang Kepailitan dan PKPU.

Sebelumnya, Kompas.com melakukan penelusuran bahwa pada Kamis (25/6/2020), di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, telah digelar agenda Sidang Pertama Legal Standing Para Pihak, Jawaban, dan Bukti Pemohon yakni, PT Multi Cakra Kencana Abadi.

Sidang tersebut dilakukan pukul 09.20 hingga 10.00 WIB.

Kemudian, pada Senin (29/6/2020) dilakukan sidang dengan agenda Bukti Termohon yakni, PT Cowell Development Tbk yang diselenggarakan pada pukul 10.00 hingga 11.00 WIB.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X