Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 14/06/2020, 13:40 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Saling terhubung. Inilah mimpi besar PT Jababeka Tbk mengadopsi nilai-nilai dan gaya hidup baru dalam pengembangan kawasan perumahan skala kota berbasis industri, Jababeka City, di Bekasi, Jawa Barat.

Mereka tidak hanya bertumpu pada prinsip "bangun-jual-serah terima", melainkan terus melakukan upaya transformasi demi tetap relevan dengan dinamika zaman dan kebutuhan serta preferensi pasar.

Upaya yang tengah dilakukan itu adalah menjadikan Jababeka City sebagai TOD City dengan penekanan pada konsep transit oriented development. 

Kepada Kompas.com, Jumat (12/6/2010), Direktur PT Jababeka Tbk Sutedja Siddarta Darmono menuturkan, Jababeka ini akan menjadi TOD City yang dilengkapi beragam fasilitas dan moda transportasi publik.

Baca juga: 15 Kawasan Perumahan Skala Kota Padati Koridor Timur Jakarta

"Semua terintegrasi atau terhubung dengan transportasi publik yang memudahkan penghuni, karyawan, atau siapa pun yang datang berkunjung dan berbisnis ke TOD City ini," urai Sutedja.

Terdapat lima prinsip utama dalam TOD City yang harus ada yakni terkoneksi dan terintegrasi dengan hunian, menciptakan ruang yang khas, kemudahan akses-skala-penyerapan, kombinasi dari ragam perbedaan, serta lebih berkelanjutan dan gaya hidup lebih sehat.

TOD City, lanjut dia, merupakan konsep yang akan mengubah pola pengembangan kawasan di Koridor Timur Jakarta dan kota-kota lainnya di Indonesia.

Hal ini karena Koridor Timur Jakarta memiliki jaringan transportasi terbesar, dan terlengkap dengan "kebetulan" sejumlah titik simpul pertemuannya berujung dan bermula di Jababeka City.

"Kami hanya memanfaatkan suatu kebetulan itu yang justru bisa menjadi manfaat bagi banyak orang," imbuh Sutedja.

Baca juga: Jababeka-Pertagas Teken Perjanjian Kerja Sama City Gas di Bekasi

Kendati demikian, Sutedja menekankan, kebetulan itu bukan semata kebetulan melainkan telah melalui proses kerja keras, inovasi, dan kreativitas untuk menyelaraskan perencanaan dengan program pemerintah menjadikan Jababeka sebagai TOD Center.

Jababeka Residence menggandeng mitra kerjanya asal Jepang, Creed Group, untuk menggarap Kawana 2 Concierge Golf Apartment sebagai proyek lanjutan kerjasama pengembangan proyek hunian vertikal segmen premium di kawasan Jababeka.Dok Jababeka Residence Jababeka Residence menggandeng mitra kerjanya asal Jepang, Creed Group, untuk menggarap Kawana 2 Concierge Golf Apartment sebagai proyek lanjutan kerjasama pengembangan proyek hunian vertikal segmen premium di kawasan Jababeka.
Sebagaimana diketahui, Pemerintah saat ini tengah mempercepat sejumlah insfrastruktur yang masuk dalam daftar Proyek Strategis Nasional (PSN), yakni Light Rail Transit Trase Jakarta-Bekasi, Kereta Cepat Jakarta-Bandung yang direncanakan dibangun hingga Surabaya, dan Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Selatan.

Selain PSN tersebut, ada ada juga proyek Jalur Dwiganda atau Double-Double Track (DDT) Manggarai-Cikarang sepanjang 35 kilometer yang tengah dikerjakan.

Jika seluruhnya terbangun, menurut Sutedja, TOD City akan terwujud dan menjadi TOD Center bagi Koridor Timur Jakarta dan sekitarnya. 

Pada akhirnya, mobilitas masyarakat, barang, dan jasa akan semakin lancar sehingga dapat meningkatkan daya saing, dan menggenjot pertumbuhan ekonomi.

Baca juga: Upaya 6 Raksasa Sulap Bekasi dari Kawasan Industri Jadi Tujuan Investasi

Koridor Timur Jakarta dengan Bekasi sebagai penggeraknya dianggap sebagai kontributor terbesar bagi perekonomian Nasional.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com