Transformasi Jababeka, TOD City yang Saling Terkoneksi

Kompas.com - 14/06/2020, 13:40 WIB
Wajah Baru Stasiun Cikarang usai beroperasi, Cikarang, Kabupaten Bekasi, Selasa (10/10/2017). KOMPAS.COM/Anggita MuslimahWajah Baru Stasiun Cikarang usai beroperasi, Cikarang, Kabupaten Bekasi, Selasa (10/10/2017).

JAKARTA, KOMPAS.com - Saling terhubung. Inilah mimpi besar PT Jababeka Tbk mengadopsi nilai-nilai dan gaya hidup baru dalam pengembangan kawasan perumahan skala kota berbasis industri, Jababeka City, di Bekasi, Jawa Barat.

Mereka tidak hanya bertumpu pada prinsip "bangun-jual-serah terima", melainkan terus melakukan upaya transformasi demi tetap relevan dengan dinamika zaman dan kebutuhan serta preferensi pasar.

Upaya yang tengah dilakukan itu adalah menjadikan Jababeka City sebagai TOD City dengan penekanan pada konsep transit oriented development. 

Kepada Kompas.com, Jumat (12/6/2010), Direktur PT Jababeka Tbk Sutedja Siddarta Darmono menuturkan, Jababeka ini akan menjadi TOD City yang dilengkapi beragam fasilitas dan moda transportasi publik.

Baca juga: 15 Kawasan Perumahan Skala Kota Padati Koridor Timur Jakarta

"Semua terintegrasi atau terhubung dengan transportasi publik yang memudahkan penghuni, karyawan, atau siapa pun yang datang berkunjung dan berbisnis ke TOD City ini," urai Sutedja.

Terdapat lima prinsip utama dalam TOD City yang harus ada yakni terkoneksi dan terintegrasi dengan hunian, menciptakan ruang yang khas, kemudahan akses-skala-penyerapan, kombinasi dari ragam perbedaan, serta lebih berkelanjutan dan gaya hidup lebih sehat.

TOD City, lanjut dia, merupakan konsep yang akan mengubah pola pengembangan kawasan di Koridor Timur Jakarta dan kota-kota lainnya di Indonesia.

Hal ini karena Koridor Timur Jakarta memiliki jaringan transportasi terbesar, dan terlengkap dengan "kebetulan" sejumlah titik simpul pertemuannya berujung dan bermula di Jababeka City.

"Kami hanya memanfaatkan suatu kebetulan itu yang justru bisa menjadi manfaat bagi banyak orang," imbuh Sutedja.

Baca juga: Jababeka-Pertagas Teken Perjanjian Kerja Sama City Gas di Bekasi

Kendati demikian, Sutedja menekankan, kebetulan itu bukan semata kebetulan melainkan telah melalui proses kerja keras, inovasi, dan kreativitas untuk menyelaraskan perencanaan dengan program pemerintah menjadikan Jababeka sebagai TOD Center.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X