Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

15 Kawasan Perumahan Skala Kota Padati Koridor Timur Jakarta

Kompas.com - 12/06/2020, 13:10 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Koridor Timur Jakarta dengan Bekasi sebagai motornya, bukan lagi halaman belakang Ibu Kota Jakarta.

Dengan populasi lebih dari 5 juta jiwa, koridor yang digadang-gadang sebagai masa depan destinasi investasi Indonesia ini dianggap punya potensi sangat besar.

Potensi itu antara lain digenjotnya pembangunan infrastruktur yang demikian masif. Bukan sembarang infrastruktur, melainkan Proyek Strategis Nasional (PSN).

Sebut saja Light Rail Transit (LRT) Trase Bekasi-Cawang, Kereta Cepat Jakarta Bandung, Tol Jakarta-Cikampek II Elevated, Tol Jakarta-Cikampek II Selatan, Bandara Internasional Kertajati, dan Pelabuhan Majalaya.

PSN tersebut dibangun untuk meningkatkan daya saing, mendukung mobilitas masyarakat, barang, dan jasa serta mempercepat pertumbuhan ekonomi.

Baca juga: Upaya 6 Raksasa Sulap Bekasi dari Kawasan Industri Jadi Tujuan Investasi

"Pembangunan infrastruktur ini menjadikan Koridor Timur Jakarta sangat strategis, khas, dan unik serta makin menjadi incaran konsumen dan investor," ujar Ketua AREBI Lukas Bong, Rabu (10/6/2020).

Koridor yang membentang sepanjang 60 kilometer ini juga merupakan konsentrasi kawasan industri Nasional dengan banyak perusahaan multinasional beroperasi.

Presiden Direktur PT Bekasi Fajar Industrial Estate Tbk Yoshihiro Kobi menyebut, satu kawasan industri saja yakni MM2100, diisi tak kurang dari 364 perusahaan yang mempekerjakan 130.000 karyawan.

Belum lagi jika dihitung secara keseluruhan, terdapat total 4.000 perusahaan di tujuh kawasan industri Koridor Timur Jakarta.

Perusahaan Jepang masih mendominasi dengan angka 62 persen.

"Sementara ekspatriatnya sekitar 25.000 orang. Pangsa pasar yang cukup besar untuk produk properti," imbuh Kobi dalam sebuah kesempatan peluncuran apartemen Vasanta Innopark.

Tak mengherankan jika dalam satu dekade terakhir, permintaan hunian demikian melesat.

Dengan rentang pasar luas, mulai dari rumah untuk kalangan masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) hingga kelas atas, mampu diserap pasar secara maksimal.

Baca juga: Bekasi Timur Sasaran Empuk Investor Properti

Tentu saja, permintaan tinggi ini menjadikan Koridor Timur Jakarta yang diwakili Kota Bekasi, dan Kabupaten Bekasi menempati posisi tertinggi dalam berbagai survei residensial.

Terbaru, platform jual beli properti daring, Rumah.com merilis survei Indonesia Property Market Index.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com