UPDATE: Konstruksi 85,12 Persen, Bendungan Pidekso Rampung 2021

Kompas.com - 01/06/2020, 11:45 WIB
Bendungan Pidekso, Wonogiri, Jawa Tengah. Dok. Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPRBendungan Pidekso, Wonogiri, Jawa Tengah.

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat ( PUPR) tengah menyelesaikan pembangunan Bendungan Pidekso di Kabupaten Wonogiri, Provinsi Jawa Tengah.

Saat ini, progres konstruksi bendungan tersebut mencapai 85,12 persen dan ditargetkan rampung pada Tahun 2021 mendatang.

Bendungan Pidekso merupakan salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN) di bidang Sumber Daya Air (SDA) untuk mewujudkan ketahanan air dan pangan nasional. 

Pekerjaan pembangunan bendungan tidak dihentikan selama Pandemi Covid-19 demi menjaga kesinambungan roda perekonomian.

Terutama penyediaan lapangan kerja bagi kontraktor, konsultan, serta tenaga kerja konstruksi beserta kegiatan yang mengikutinya.

Bendungan multifungsi ini direncanakan mampu mengairi area irigasi seluas 1.500 hektar.

Air irigasi dari bendungan akan meningkatkan initensitas tanam dari 133 persen atau 2000 hektar menjadi 240 persen atau sekitar 3600 hektar.

Jika rampung, Bendungan Pidekso dapat mendorong pemulihan ekonomi pasca Pandemi Covid-19, khususnya di bidang pertanian.

"Sekaligus sebagai sumber air baku 300 liter/detik untuk Wonogiri, Sukoharjo, Solo dan sekitarnya. Sudah siap untuk kami pasang pipanya," ujar Menteri PUPR Basuki Hadimuljono seperti dikutip Kompas.com dari laman Kementerian PUPR, Senin (1/6/2020).

Baca juga: Bangun Bendungan Meninting, Pemerintah Rogoh Kocek Rp 822,3 Miliar

Bendungan ini berada di hulu Sungai Bengawan Solo dan dibangun melalui Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Bengawan Solo Ditjen Sumber Daya Air Kementerian PUPR.

Halaman:


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X