Kompas.com - 31/05/2020, 22:50 WIB
Beredarnya foto  Hoaks terkait dampak longsor di Jalan Tol Semarang-Solo Km 426+600 arah Jakarta yang tersebar melalui grup Whatsapp dan media sosial lainnya. jasa MargaBeredarnya foto Hoaks terkait dampak longsor di Jalan Tol Semarang-Solo Km 426+600 arah Jakarta yang tersebar melalui grup Whatsapp dan media sosial lainnya.

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Jasa Marga (Persero) Tbk mengklarifikasi foto longsor di Jalan Tol Semarang-Solo Km 426+600 arah Jakarta yang tersebar melalui WhatsApp Group dan jejaring media sosial.

Foto yang beredar di grup percakapan dan media sosial itu menggambarkan empat lajur tol yang tertimbun tumpukan tanah longsor.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Corporate Communication & Community Development Group Head PT Jasa Marga (Persero) Tbk Dwimawan Heru Santoso memastikan bahwa foto yang beredar tersebut adalah hoaks.

"Kami tegaskan bahwa foto yang beredar itu adalah hoaks karena tidak menggambarkan kondisi sebenarnya," kata Heru dalam klarifikasi yang diterima Kompas.com, Minggu (31/5/2020).

Baca juga: UPDATE: Pasca-longsor, Tol Semarang-Solo Bisa Dilintasi Pengendara

Namun demikian, Heru membenarkan bahwa memang terjadi peristiwa longsor di sekitar Jalan Tol Semarang-Solo Km 426+600 arah Jakarta pada Sabtu (30/5/2020) pukul 22.48 WIB.

Kondisi dampak longsor tersebut tidak sampai menutup empat lajur jalan. Hal tersebut dapat dibuktikan melalui foto udara yang diabadikan oleh petugas Jasa Marga di lapangan yang diambil hari ini, Minggu 31 Mei 2020, pada pukul 08.20 WIB.

Direktur Utama PT Trans Marga Jateng (TMJ) David Wijayatno memberikan informasi terbaru terkait penanganan longsor di wilayah tersebut.

David menjelaskan, sejak pukul 10.25 WIB pagi tadi, satu lajur di lokasi kejadian telah dapat digunakan dengan aman oleh pengguna jalan.

Kejadian longsor ini disebabkan oleh curah hujan yang cukup tinggi sehingga tanah tebing yang berada di samping jalan tol longsor ke jalur.

"Sempat tertutup seluruh lajur ke arah Jakarta, sementara jalur arah Solo tidak terganggu. Saat ini satu lajur sudah bisa dilalui oleh pengguna jalan,” ujar David.

Hingga saat ini, PT TMJ selaku pengelola Jalan Tol Semarang-Solo bersama Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Pemadam Kebakaran Kabupaten Semarang, dan jajaran Polres Semarang terus melakukan pembersihan longsoran di lokasi kejadian untuk memastikan keamanan pengguna jalan.

TMJ memohon maaf kepada para pengguna jalan tol atas ketidaknyamanan yang ditimbulkan atas pekerjaan penanganan dampak longsor ini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.