Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Jasa Marga Klarifikasi Foto Longsor Tol Semarang-Solo Hoaks

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Jasa Marga (Persero) Tbk mengklarifikasi foto longsor di Jalan Tol Semarang-Solo Km 426+600 arah Jakarta yang tersebar melalui WhatsApp Group dan jejaring media sosial.

Foto yang beredar di grup percakapan dan media sosial itu menggambarkan empat lajur tol yang tertimbun tumpukan tanah longsor.

Corporate Communication & Community Development Group Head PT Jasa Marga (Persero) Tbk Dwimawan Heru Santoso memastikan bahwa foto yang beredar tersebut adalah hoaks.

"Kami tegaskan bahwa foto yang beredar itu adalah hoaks karena tidak menggambarkan kondisi sebenarnya," kata Heru dalam klarifikasi yang diterima Kompas.com, Minggu (31/5/2020).

Namun demikian, Heru membenarkan bahwa memang terjadi peristiwa longsor di sekitar Jalan Tol Semarang-Solo Km 426+600 arah Jakarta pada Sabtu (30/5/2020) pukul 22.48 WIB.

Kondisi dampak longsor tersebut tidak sampai menutup empat lajur jalan. Hal tersebut dapat dibuktikan melalui foto udara yang diabadikan oleh petugas Jasa Marga di lapangan yang diambil hari ini, Minggu 31 Mei 2020, pada pukul 08.20 WIB.

Direktur Utama PT Trans Marga Jateng (TMJ) David Wijayatno memberikan informasi terbaru terkait penanganan longsor di wilayah tersebut.

David menjelaskan, sejak pukul 10.25 WIB pagi tadi, satu lajur di lokasi kejadian telah dapat digunakan dengan aman oleh pengguna jalan.

Kejadian longsor ini disebabkan oleh curah hujan yang cukup tinggi sehingga tanah tebing yang berada di samping jalan tol longsor ke jalur.

"Sempat tertutup seluruh lajur ke arah Jakarta, sementara jalur arah Solo tidak terganggu. Saat ini satu lajur sudah bisa dilalui oleh pengguna jalan,” ujar David.

Hingga saat ini, PT TMJ selaku pengelola Jalan Tol Semarang-Solo bersama Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Pemadam Kebakaran Kabupaten Semarang, dan jajaran Polres Semarang terus melakukan pembersihan longsoran di lokasi kejadian untuk memastikan keamanan pengguna jalan.

TMJ memohon maaf kepada para pengguna jalan tol atas ketidaknyamanan yang ditimbulkan atas pekerjaan penanganan dampak longsor ini.

https://properti.kompas.com/read/2020/05/31/225021421/jasa-marga-klarifikasi-foto-longsor-tol-semarang-solo-hoaks

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke