Lippo Minta Pemerintah Susun SOP Pemakaman Jenazah Terinfeksi Covid-19

Kompas.com - 20/03/2020, 21:18 WIB
San Diego Hills San Diego Hills

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Lippo Karawaci Tbk masih menunggu acuan dan prosedur standar atau standard operational procedure (SOP) dari Pemerintah terkait pemakaman jenazah terinfeksi virus Corona ( Covid-19).

Seperti diketahui, perusahaan yang dikomandani John Riady ini memiliki portofolio pemakaman umum bertajuk San Diego Hills Memorial Parks and Funeral Homes seluas 500 hektar di Karawang.

Direktur Marketing dan Penjualan San Diego Hills Memorial Parks and Funeral Homes Suziany Japardi mengatakan pihaknya masih menunggu instruksi yang tegas dan jelas dari Pemerintah.

"SOP-nya harus ada, agar semua seragam, sama di pemakaman mana pun, walaupun secara teknis kami siap. Tetapi, harus ada instruksi dari Pemerintah," ujar Suziany menjawab Kompas.com, Jumat (20/3/2020).

Baca juga: Taman Pemakaman Muslim Al Azhar Siap Memakamkan Jenazah Korban Corona

Instruksi dan perintah yang tegas dari Pemerintah sangat dibutuhkan oleh pengelola pemakaman.

Karena, menurut Suziany, penanganan jenazah korban Covid-19 selama proses pemakaman akan sangat berbeda ketimbang jenazah biasa.

Dia mencontohkan di Wuhan, China, di mana Pemerintahnya menginstruksikan seluruh jenazah korban Covid-19 dikremasi.

"Virus Corona ini kan menular dengan cepat. Jika pemakaman jenazah Covid-19 tidak ditangani dengan cermat, dan baik, akan berakibat fatal," cetus Suziany.

San Diego Hills Memorial PArks and Funeral HomesLippo Karawaci San Diego Hills Memorial PArks and Funeral Homes
Jika penanganan untuk korban hidup, baik terduga maupun positif sudah mengalami perkembangan cukup positif, seharusnya korban vorus Corona meninggal dunia pun diperlakukan dengan baik pula penanganannya.

Dia mencontohkan rencana Pemerintah yang akan mengonversi Wisma Atlet Kemayoran dan hotel BUMN menjadi Rumah Sakit Darurat Covid-19, serta mengerahkan rumah sakit BUMN.

Halaman:


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X