KILAS

Kementerian PUPR Ubah Wisma Atlet Kemayoran Jadi RS Darurat Covid-19, Bagaimana Kualitasnya

Kompas.com - 20/03/2020, 20:00 WIB
Wisma Atlet Kemayoran disiapkan Kementerian PUPR jadi RS Darurat Covid-19. Wisma Atlet Kemayoran disiapkan Kementerian PUPR jadi RS Darurat Covid-19.

KOMPAS.com – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menyatakan, Kementerian PUPR akan tetap menjaga kualitas dan fasilitas Rumah Sakit ( RS) Darurat Penanganan Covid-19 di  Wisma Atlet Kemayoran.

Dia mengatakan, pihaknya akan bekerja sesuai dengan protokol kesehatan untuk mengubah Wisma Atlet Kemayoran menjadi RS meski dalam waktu yang relatif singkat.

“Meskipun RS Darurat Covid-19 ini dibangun dalam waktu singkat, yaitu 4 hari, saya tetap ingatkan agar kualitas dan fasilitas yang ada nanti sesuai dengan protokol kesehatan karena kita ingin masalah virus corona ini bisa cepat berlalu,” ujarnya.

Basuki mengatakan itu saat meninjau lokasi pembangunan RS Darurat Covid-19 di Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta, Kamis (19/3/2020).

Baca juga: Kementerian PUPR Siap Jadikan Wisma Atlet Kemayoran sebagai Ruang Isolasi Corona

Dalam peninjauan tersebut, Basuki mengunjungi kondisi tujuh bangunan yang difokuskan sebagai instalasi gawat darurat (IGD), intensive care unit (ICU), laboratorium, dan ruang perawatan pasien.

Dia juga mendapat penjelasan mengenai site plan terkait pemanfaatan empat tower Wisma Atlet Kemayoran dari Direktur Jenderal (Dirjen) Perumahan Kementerian PUPR Khalawi Abdul Hamid.

“Saya mengapresiasi site plan yang sudah dibuat Ditjen Perumahan untuk mengubah wisma atlet menjadi RS darurat untuk penanganan penyakit korona,” ujarnya seperti keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Jumat (20/3/2020).

Dia pun berharap agar apa yang direncanakan Ditjen Perumahan semua bisa berjalan dengan baik selesai dalam waktu empat hari sesuai arahan Presiden Joko Widodo.

Baca juga: 4 Tower Wisma Atlet Kemayoran Disiapkan Sebagai Rumah Sakit Darurat Corona

Adapun, Kementerian PUPR menargetkan persiapan RS Darurat Covid-19 di Kemayoran dapat selesai pada Senin (23/3/2020) dan langsung beroperasi.

Wisma Atlet Kemayoran disiapkan Kementerian PUPR jadi RS Darurat Covid 19.DOK. Komunikasi Publik Ditjen Perumahan Kementerian PUPR Wisma Atlet Kemayoran disiapkan Kementerian PUPR jadi RS Darurat Covid 19.

Site plan RS Darutat Covid-19

Sementara itu, Khalawi sebelumnya menjelaskan, Kementerian PUPR sudah melakukan koordinasi dengan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Kementerian BUMN, dan kementerian/instansi lain terkait RS Darurat Covid-19.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X