Bangun 500 Hunian Sementara di Lombok, Samsung Donasikan Rp 1,5 Miliar

Kompas.com - 25/09/2018, 17:50 WIB
Presiden PT Samsung Electronics Indonesia JaeHoon Kwon Kompas.com/ HILDA B ALEXANDERPresiden PT Samsung Electronics Indonesia JaeHoon Kwon

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebagai bentuk empati untuk meringankan beban korban bencana gempa Lombok, PT Samsung Electronics Indonesia menyerahkan donasi senilai Rp 1,5 miliar, melalui Palang Merah Indonesia (PMI).

President Samsung Electronics Indonesia JaeHoon Kwon mengatakan donasi tersebut adalah perwujudan kepedulian dan keprihatian perusahaan terhadap korban gempa, terutama di area yang terdampak paling parah dan membutuhkan bantuan intensif yakni Dusun Lekok, dab Dusun Menggala di Lombok Utara.

Donasi sebesar itu, akan dimanfaatkan untuk membangun 500 hunian sementara bagi 500 kepala keluarga (KK).

Struktur hunian sementara ini terdiri dari seng untuk atap, terpal untuk dinding, dan kayu untuk penyangga dan kuda-kuda atap.

Di dalam satu hunian sementara atau shelter itu, terdapat ruangan-ruangan yang disekat untuk keperluan ibadah, tempat berkumpul, hingga keperluan privasi. Konstruksinya akan dimulai pada Oktober dan rampung pada Desember 2018.

Selain itu, donasi juga akan digunakan untuk konstruksi dan rehabilitasi perpipaan saluran air, persediaan air bersih 200.000 liter, penyediaan jamban sehat, serta layanan kesehatan berupa klinik keliling dan bantuan ambulans yang mulai beroperasi pada Desember 2018 hingga Februari 2019.

Namun, nilai donasi ini tidak termasuk dua Posko Samsung Peduli Lombok di Dusun Lekok dan Menggala yang dibuka sejak 16 September 2018.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Di Posko Samsung, Korban Gempa Lombok Bisa Laundry Gratis

Suasana Dapur Umum di Posko Samsung Peduli Lombok Kompas.com/HILDA B ALEXANDER Suasana Dapur Umum di Posko Samsung Peduli Lombok
"Dari donasi melalui PMI ini kami mengharapkan bisa menghasilkan manfaat bagi 20.000 masyarakat terdampak, sehingga mereka memiliki semangat untuk membangun kembali hidup mereka pasca gempa," tutur Kwon, Selasa (25/9/2018).

Untuk diketahui, kedua posko Samsung Peduli Lombok ini menyediakan layanan cuci gratis bagi warga, dapur umum yang memproduksi 600 bungkus makanan setiap hari, pusat pemulihan trauma, servis alat elektronik gratis, dan layanan edukasi bagi anak-anak.

Setelah seminggu beroperasi Posko Samsung Peduli telah melayani pencucian baju 771 orang dengan jumlah rata-rata 1.770 pakaian setiap hari.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X