Berita Menarik: Penerapan MLFF hingga Jasa Arsitek Asing

Kompas.com - 02/07/2018, 09:21 WIB
Multilane free flow. Autostradetech.itMultilane free flow.

JAKARTA, KOMPAS.com - Rencana pemerintah mempercepat transaksi di tol dengan metode multilane free flow (MLFF), menjadi kabar terpopuler di kanal properti Kompas.com, sepanjang Minggu (1/7/2018).

Namun ternyata, metode tersebut bukanlah barang baru. Sejumlah negara di Eropa juga telah menerapkan metode serupa.

Di samping itu, kabar soal banyaknya arsitek asing yang digandeng pengembang, terutama untuk menggarap gedung tinggi, juga tak kalah menarik untuk disimak.

Berikut laporan selengkapnya:

1. Begini penerapan MLFF di Eropa

Salah satu negara yang telah menerapkan MLFF yaitu Austria. MLFF tersebut dikelola Austostrade Tech, operator infrastruktur jalan dan jaringan komunikasi yang berbasis di Italia.

Sistem yang diproduksi Autostrade Tech merupakan cara pembayaran di jalan tol yang memungkinkan pengguna jalan tidak perlu memperlambat laju kendaraannya.

Sistem ini tersambung melalui kombinasi teknologi yang terdiri dari sistem gelombang radio mikro, kamera untuk membaca pelat nomor, dan sistem klasifikasi kendaraan.

Selengkapnya Sudah Diterapkan di Eropa, Begini Multilane Free Flow Bekerja

Petugas Tol sedang membantu pengemudi melakukan pembayaran melalui alat mobile reader.KOMPAS.com/AGIEPERMADI Petugas Tol sedang membantu pengemudi melakukan pembayaran melalui alat mobile reader.

2. Klaim Jasa Marga, "mobile reader" percepat transaksi di gerbang tol

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X