Kompas.com - 01/07/2018, 16:40 WIB

KOMPAS.com - Bagi Anda yang ingin berlibur pada bulan ini, sudah saatnya menentukan tujuan. Juli ini merupakan pertengahan tahun, yang artinya menikmati masa musim panas.

Kalau memang berencana liburan, tidak salah untuk pergi berwisata ke daerah pantai. Seperti yang sudah sangat dikenal, Pulau Bali merupakan daerah yang tidak ada habisnya dengan obyek wisata pantai. 

Untuk tempat beristirahat pun banyak pilihan, tergantung budget dan jenis penginapan yang kita mau. Salah satunya yaitu Sumatran Karo House atau Rumah Karo Sumatera yang berdesain khas etnis Batak Karo, tetapi lokasinya di Bali.

Rumah tradisional Sumatera berusia 60 tahun ini terbuat dari kayu jati yang diperbarui dengan sentuhan tangan tanpa kehilangan keasliannya. Layak rasanya jika kayu jati itu disebut “kayu abadi".

Dindingnya yang membentuk sudut miring dimaksudkan untuk menjaga dari serangan harimau liar karena lokasinya dekat dengan hutan.

Sumatran Karo House di Bali.
Jungleroombali.com Sumatran Karo House di Bali.
Posisi lantai yang tidak langsung menyentuh tanah bertujuan untuk menyimpan makanan.

Selain itu, menurut kepercayaan masyarakat, celah kosong antara tanah dan lantai rumah itu sebagai ruang untuk roh-roh yang menjaga rumah tersebut.

Sumatran Karo House di Bali.
Jungleroombali.com Sumatran Karo House di Bali.
Agar terlihat lebih indah, rumah unik ini dihias dengan karpet, bantal batik, dan perabotan yang terbuat dari kayu daur ulang.

Hunian seperti ini cocok menjadi rumah peristirahatan saat liburan bagi orang suka dengan rumah bernuansa tradisional, menyatu dengan alam, dan para petualang.

Big Karo House di Bali.
Jungleroombali.com Big Karo House di Bali.
Big Karo Surf House

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.