Atap Bergelombang, Ciri Khas Rostov Arena - Kompas.com

Atap Bergelombang, Ciri Khas Rostov Arena

Kompas.com - 01/07/2018, 13:56 WIB
Rostov Arena di Rusia.Designboom Rostov Arena di Rusia.

KOMPAS.com - Stadion sepak bola Rostov Arena terletak di distrik Rostov-on-Don, bagian tenggara Rusia. Desain stadion yang baru dibangun ini dirancang oleh Populous pada tahun 2011.

Atap stadion berlantai lima ini berbentuk persegi panjang dengan sudut membulat. Di sisi tertentu ditutup dengan atap tenda yang bergelombang. 

Bentuk di bagian atap dan tribun yang seolah tidak beraturan ini merupakan ciri khasnya. 

Ini merupakan proyek besar pertama yang dibangun di tepi selatan Sungai Don, yang terletak di sisi utara kota.

Baca juga: Stadion-stadion Ini Jadi Ikon Piala Dunia

Stadion ini menjadi salah satu bangunan awal untuk mengembangkan kota Rostov.

Selain tempat untuk olahraga sepak bola, arena ini juga bertujuan untuk wisata belanja dan makanan. Itulah yang membuatnya berfungsi sebagai lokasi untuk investasi dan perkembangan kota.

Rostov Arena di Rusia.  Designboom Rostov Arena di Rusia.
Stadion ini memiliki ruang loker untuk pemain dan wasit, ruang staf, ruang untuk delegasi pertandingan, area pengawasan doping, dan ruang pers.

Di stadion ini juga tersedia area parkir yang cukup luas dan dirancang untuk bisa diakses oleh orang-orang dengan mobilitas tinggi.

Baca juga: Kazan Arena, Saksi Bisu Kekalahan Jerman di Piala Dunia 2018

Untuk diketahui, saat fondasi stadion ini dibangun pada Juni 2013, ditemukan benda peninggalan Perang Dunia II, lalu benda itu disimpan dan dipelihara dengan baik.

Pada Agustus 2013, pengerjaan fondasi stadion dimulai di tanah berpasir dan selesai pada Mei 2014. Kemudian konstruksi bangunan pun dimulai.

Selanjutnya, diikuti dengan membawa peralatan berat dan bahan bangunan, pendirian tiang bangunan, pemasangan rangka atap logam, dan pembentukan mangkuk beton stadion.

Rostov Arena di Rusia.Designboom Rostov Arena di Rusia.
Selain itu, pengembang stadion pun mulai membangun fasad dan area di sekitar stadion. Hingga akhirnya kompleks stadion itu baru rampung dan bisa dioperasikan secara keseluruhan pada April 2018.

Tempat duduk dari arena sepak bola berbiaya pembangunan Rp 4,5 triliun ini berkapasitas hingga 45.000 penonton yang dibuat untuk Piala Dunia 2018.

Namun, setelah perhelatan ini selesai, jumlahnya akan dikurangi menjadi 42.000 kursi. 

Gelanggang sepak bola ini merupakan markas bagi klub FC Rostov. Pada Piala Dunia 2018, ada empat pertandingan yang digelar di stadion ini, yaitu tiga pertandingan babak penyisihan dan satu pertandingan 16 besar.

 



Close Ads X